Dongkrak Perekonomian, Sleman Mulai Kirimkan Cabai ke Jambi 

Sri Kustini beberkan potensi pangan hingga wisata

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Jambi untuk menekan angka inflasi. Ruang lingkup kerja sama mencakup bidang pertanian dan ketahanan pangan. Kemudian, bidang ekonomi kreatif dan pariwisata. Bidang perdagangan dan perindustrian, bidang koperasi dan UMKM, serta monitoring dan evaluasi pelaksanaan kesepakatan bersama.

1. Kerja sama telah dimulai dengan kirimkan cabai dan sayur

Dongkrak Perekonomian, Sleman Mulai Kirimkan Cabai ke Jambi Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kerja sama telah diinisiasi dengan pengiriman cabai dari pasar lelang cabai dan sayur Perkumpulan Petani Holtikultura Puncak Merapi (PPHPM) Sleman kepada pedagang perantara yang menyalurkan cabai ke Kota Jambi. Embrio ini menjadi peluang kerja sama untuk lebih mendekatkan produsen di Sleman dengan pasar di Kota Jambi.

"Melalui kerja sama ini saya berharap dapat menguatkan sektor pertanian dan ketahanan pangan, ekonomi kreatif dan pariwisata, terutama koperasi dan UMKM," kata Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, di Pendopo Parasamya Pemkab Sleman, Kamis (8/6/2023).

2. Potensi besar di Sleman

Dongkrak Perekonomian, Sleman Mulai Kirimkan Cabai ke Jambi Ilustrasi cabai merah dan cabai hijau (IDN Times/Saifullah)

Kabupaten Sleman, kata Kustini memiliki potensi besar di bidang pertanian, ketahanan pangan, ekonomi kreatif, pariwisata, perdagangan, perindustrian, koperasi, dan UMKM.

Pada bulan Mei 2023, Kabupaten Sleman memiliki surplus beras sebanyak 7.888.911 kg, cabai merah sebanyak 3.935.010 kg, cabai rawit sebanyak 4.976.969 kg, dan salak yang dapat dikerjasamakan untuk pemenuhan kebutuhan stok di Jambi.

Pada bidang pariwisata, Kabupaten Sleman memiliki berbagai macam jenis wisata, seperti wisata alam, budaya, dan buatan salah satunya desa wisata sebagai produk unggulan daerah, tebing breksi, candi, dan wisata lereng merapi (Kaliurang dan Cangkringan) sebagai wisata terkini.

"Diharapkan melalui kerja sama ini dapat dilakukan kolaborasi promosi di bidang pariwisata. Pada bidang UMKM, Kabupaten Sleman memiliki produk industri dan UKM yang siap dikerjasamakan dengan Pemerintah Kota Jambi," kata Kustini.

Baca Juga: Harga Telur Ayam Ras Picu Angka Inflasi Bulan Mei

Baca Juga: Tahun Ini Jumlah Calon Haji dari Sleman Naik 2 Kali Lipat 

3. Dorong pertumbuhan ekonomi

Dongkrak Perekonomian, Sleman Mulai Kirimkan Cabai ke Jambi Walikota Jambi, Syarif Fasha. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Kerja sama antar daerah antara Pemerintah Kota Jambi dan Pemerintah Kabupaten Sleman diharapkan dapat menjadi simbiosis mutualisme atau kolaborasi yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi antar wilayah. 

"Banyak sekali dengan Sleman yang bisa disinergikan. Di Sleman juga surplus cabai, di Jambi itu cabai dan bawang yang menyumbang inflasi tinggi. Kerajinan, ekonomi kreatif juga. Banyak kita harus belajar," ucap Walikota Jambi, Syarif Fasha.

Baca Juga: Awas Investasi Ilegal, Satgas Investasi Daerah Sebut Ciri-cirinya  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya