Kementan Klaim Stok Pangan di Jogja  Aman hingga Lebaran  

Kementan gelontorkan 2 ton kedelai dengan harga murah 

Yogyakarta, IDN Times - Jelang Lebaran Kementerian Pertanian klaim bahan pangan pokok di Daerah Istimewa Yogyakarta aman. Sebanyak 12 kebutuhan pokok yang dipastikan aman adalah beras, kedelai, jagung, daging sapi, daging ayam, telur, bawang merah, bawang putih, cabai, dan minyak goreng.

"Dari pantauan kami semuanya cukup bagus. Artinya neraca ketersediaan dengan kebutuhan tidak ada yang kurang,"ujar Direktur Aneka Kacang dan Umbi Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Yuris Tiyanto, Selasa (26/4/2022).  

1. Stok pangan di Jogja, Kementan janji akan gelar pasar murah

Kementan Klaim Stok Pangan di Jogja  Aman hingga Lebaran  Direktur Aneka Kacang dan Umbi Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Yuris Tiyanto saat memantau pasar murah di Jogja / Antara

Apabila ditemukan stok pangan alami kelangkaan, ia memastikan Kementan bakal melakukan intervensi dengan mendatangkan stok dari daerah yang surplus.

Salah satunya dengan menggelar Pasar Murah di halaman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY yang diselenggarakan mulai hari ini 26 hingga 28 April 2022.

 

2. Kementan gelontorkan 2 ton kedelai dengan harga murah

Kementan Klaim Stok Pangan di Jogja  Aman hingga Lebaran  Ilustrasi pekerja mengolah kedelai untuk produksi tahu dan tempe (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Selain menyediakan 12 bahan pangan pokok, Kementan juga menggelontorkan stok kedelai sebanyak dua ton dari sentra kedelai Grobogan, JawaTengah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya para perajin tahu dan tempe DIY dengan harga terjangkau.

"Kedelai yang kami salurkan ini adalah kedelai lokal dan harganya di bawah harga pasar," ujar Agus dikutip Antara.

 

Baca Juga: Jelang Lebaran Pemda DI Yogyakarta Waspadai Lonjakan Permintaan Pangan

3. Jika animo tinggi, siap gelar pasar murah kembali

Kementan Klaim Stok Pangan di Jogja  Aman hingga Lebaran  ilustrasi komoditas cabai di pasar tradisional. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY Sugeng Purwanto mengiyakan kondisi stok 12 komoditas strategis di DIY aman hingga pertengahan 2022.

"Tiga hari ini kami akan mengadakan evaluasi terkait kegiatan pasar murah, jika animo tinggi akan kami lakukan secara rutin tiap bulan," ujar Sugeng Purwanto.

 

Baca Juga: Sri Sultan Pastikan Alun-alun Utara Tidak Digunakan untuk Salat Id

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya