BMKG Perkirakan Sebagian Tempat Wisata di Jogja Diguyur Hujan    

Sejumlah tempat wisata di siang hari diperkirakan terjadi hu

Yogyakata, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

 

1. DIY diperkirakan diguyur hujan lebat

BMKG Perkirakan Sebagian Tempat Wisata di Jogja Diguyur Hujan    Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan peringatan dini cuaca di situs BMKG, prakirawan memperkirakan beberapa kota di Indonesia berpotensi terjadi hujan lebat. Selain Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kejadian alam ini akan terjadi di Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

2. Sejumlah tempat wisata di siang hari diperkirakan terjadi hujan

BMKG Perkirakan Sebagian Tempat Wisata di Jogja Diguyur Hujan    Ilustrasi Suasana Hujan di Perkotaan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Beberapa destinasi wisata di DIY hari ini diperkirakan terjadi hujan lebat di siang hari hingga berawan saat pagi dan malam hari. Keadaan ini terjadi di sejumlah tempat wisata, yaitu Malioboro, Merapi, Candi Prambanan, Pantai Depok dan Parangtritis, Pantai Siung di Gunungkidul dan Pantai Glagah serta Bukit Menoreh di Kulon Progo. 

 

Baca Juga: 5 Kuliner Kekinian di Pasar Kranggan Jogja, Buka Sampai Malam

3. Daftar kecamatan yang terjadi hujan di DIY

BMKG Perkirakan Sebagian Tempat Wisata di Jogja Diguyur Hujan    Ilustrasi musim hujan (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Berdasarkan perkiraan cuaca yang diunggah BMKG @infobmkgyia, seluruh kecamatan di Kota Yogyakarta dperkirakan terjadi hujan sedang di siang hari, sementara pada sore hingga malam hari berawan.

Di Kabupaten Sleman, diperkirakan terjadi hujan lebat di empat kapanewon atau kecamaten yaitu Depok, Mlati, Moyudan, Seyegan, Sleman, Tempel dan Turi. Sedangkan empat kecamatan di Kulon Progo, diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang yaitu di Kalibawang, Kokap, Sentolo, Pengasih dan Samigaluh. 

Sebanyak 15 kecamatan di Gunungkidul diperkirakan akan terjadi hal yang sama, dan empat kecamatan di Kabupaten Bantul, yaitu Banguntapan, Dlingo, Piyungan, Pleret, dan Sewon 

 

 

Baca Juga: Berburu Takjil ala Mahasiswa Jogja, Harga Merakyat Mulai Rp5 Ribu   

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya