Comscore Tracker

Resmikan Patung Sudirman, Prabowo: Kalau Lemah, Indonesia Diganggu

Jangan bermimpi bangsa lain menghormati pahlawan kita

Sleman, IDN Times - Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto meresmikan patung Panglima Besar Jenderal Sudirman di Jalan Ring Road Barat, Turusan, Banyuraden, Gamping, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (10/11) malam.

Prabowo tiba dengan mengenakan kemeja berwarna coklat dan peci hitam. Selain dia, turut hadir dalam acara peresmian itu, antara lain Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi.

Tokoh lain yang nampak adalah Mantan Ketua PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif, Mantan Jaksa Agung M Prasetyo, Rektor Universitas Gadjah Mada, Panut Mulyono, serta Wali Kota Salatiga, Yulianto.

1. Gantikan Jokowi

Resmikan Patung Sudirman, Prabowo: Kalau Lemah, Indonesia DigangguMenhan Prabowo Subianto saat meresmikan patung Panglima Besar Jenderal Sudirman di Gamping, Sleman, DIY, Minggu (10/11). (IDN Times/Tunggul Kumoro)

Menggantikan Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir, Prabowo datang atas undangan Mantan Kepala BIN Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono. Lokasi lahan tempat patung ini dibangun pun adalah miliknya.

"Saya mewakili presiden Republik Indonesia, beliau tidak bisa hadir sendiri. Beliau tugaskan saya untuk hadir, saya merasa sangat dihormati. Ini suatu kebanggaan," kata Prabowo.

Baca Juga: Stop Hoax Festival, Cara Asyik Ajak Masyarakat Jogja Berantas Hoaks

2. Sudirman sang suri tauladan

Resmikan Patung Sudirman, Prabowo: Kalau Lemah, Indonesia DigangguMenhan Prabowo Subianto meresmikan patung Panglima Besar Jenderal Sudirman di Gamping, Sleman, DIY, Minggu (10/11)

Prabowo merasa bangga bisa hadir di tempat ini karena bisa langsung memimpin peresimian monumen penghormatan salah satu ikon kemerdekaan Indonesia. Selain itu, ini bertepatan dengan Hari Pahlawan yang diperingati tiap tanggal 10 November.

Ia mengatakan, bahwa sebagai bangsa yang besar, masyarakat Indonesia haruslah menghormati jasa-jasa dari pahlawan yang telah berjuang memerdekakan Indonesia.

"Hari ini 10 November, Hari Pahlawan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghormati pahlawan-pahlawannya. Tidak ada bangsa lain yang akan menghormati pahlawan kita. Jangan bermimpi bangsa lain menghormati pahlawan kita. Kita merdeka karena pengorbanan pahlawan kita," kata Prabowo.

Prabowo mengungkapkan Jendral Sudirman merupakan sosok suri teladan bagi Indonesia. Ia menyebut jika Sudirman beserta para pejuang dan pahlawan lainnya adalah generasi pembebas yang berarti bagi generasi penerusnya.

"Kita bisa bayangkan kalau Panglima TNI pertama indonesia tertawan oleh musuh. Kita bisa bayangkan atau tidak kalau Panglima TNI pertama kita akan menyerah pada musuh. Bayangkan lukisan kita dalam sejarah bangsa lain adanya Panglima TNI menyerah pada Belanda atau pada Inggris," urai Prabowo.

Prabowo menjelaskan bahwa Hari Pahlawan Nasional adalah tonggak yang agar masyarakat Indonesia menjadi kuat, bersatu dan kompak. Prabowo mengingatkan agar masyarakat dan bangsa Indonesia tidak boleh main-main dengan kemerdekaannya.

"Marilah kita teruskan perjuangan pendahulu kita dengan menjaga warisan yang telah diberikan dengan tidak menyeleweng, tidak melakukan korupsi, tidak mencuri APBN dan APBD. Marilah kita jaga kekayaan negara kita sehingga Indonesia menjadi negara kuat dan ampuh," imbuh dia.

3. Perkuat pertahanan Indonesia

Resmikan Patung Sudirman, Prabowo: Kalau Lemah, Indonesia DigangguMenhan Prabowo Subianto usai meresmikan patung Panglima Besar Jenderal Sudirman di Gamping, Sleman, DIY, Minggu (10/11). (IDN Times/Tunggul Kumoro)

Sebagai salah satu bentuk meneruskan perjuangan Sudirman, Prabowo menyatakan menggunakan sebaik-baiknya kepercayaan yang diberikan kepadanya sebagai Menteri Pertahanan. Yakni, dengan memperkuat ketahanan negeri agar terbebas dari gangguan dalam maupun luar negeri.

"Negara kita dari sejak lahir selalu ingin dihancurkan bangsa lain. Ini harus disadari oleh elite bangsa Indonesia. Jangan kita menerima kemerdekaan, kedaulatan keutuhan wilayah kita dari Sabang sampai Merauke jangan kita menerima seolah-olah baku. Seolah-olah tidak akan pernah diganggu," ujar Prabowo.

"Saudara-saudara, kalau kita lemah kita pasti diganggu. Karena itu kehormatan yang diberikan kepada saya oleh Presiden RI untuk menjadi Menteri Pertahanan, saya anggap sangat serius. Karena saya bertekad untuk membangun kekuatan pertahanan Indonesia sehingga Indonesia tidak diganggu oleh siapa pun," imbuh Prabowo," pungkasnya.

4. Tempat mengintai penjajah

Resmikan Patung Sudirman, Prabowo: Kalau Lemah, Indonesia DigangguPatung Panglima Besar Jenderal Sudirman di Gamping, Sleman, DIY, Minggu (10/11). (IDN Times/Tunggul Kumoro)

Sedangkan Hendropriyono menjelaskan, patung setinggi 3 meteran ini dibangun untuk memperingati peristiwa yang dikenal sebagai penyerangan Maguwo, tanggal 18 Desember 1948. Dia menjelaskan, tempat patung berdiri adalah lokasi di mana tentara Indonesia mengawasi pasukan penjajah sebelum merebut kembali lapangan terbang Maguwo yang sempat dibombardir dari udara.

"Sebagai tanda di sini kita mengingat, tanpa orang ini kita belum tentu masih hidup. Termasuk saya yang lahir di Yogyakarta, kalau tidak ada orang yang namanya Sudirman," katanya.

Baca Juga: Jokowi Instruksikan Masalah Pertahanan Ini, Prabowo Minta Waktu

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya