Polres Bantul Jadi Juara Lomba Olah TKP yang Digelar Polda DIY

Diikuti Polres dan Polresta di bawah jajaran Polda DIY 

Bantul, IDN Times - Polres Bantul berhasil meraih Juara I dalam lomba olah TKP (Tempat Kejadian Perkara) yang digelar di Gedung Serbaguna Anton Sujarwo Polda DIY, Selasa (11/3/2023). Lomba yang diselenggarakan oleh Polda DIY ini diikuti lima Polres jajaran, yakni Polresta Yogyakarta, Polresta Sleman, Polres Bantul, Polres Kulon Progo dan Polres Gunungkidul.

Gelar Juara I diraih oleh Polres Bantul, kemudian Juara II diraih Polresta Yogyakarta dan Juara III diraih Polres Gunungkidul. Sedangkan Polres Kulon Progo dan Polresta Sleman masing-masing meraih Juara IV dan V.

1. Peningkatan dan optimalisasi pelaksanaan olah TKP.

Polres Bantul Jadi Juara Lomba Olah TKP yang Digelar Polda DIYPolres Bantul juara 1 lomba olah TKP yang digelar Polda DIY.(Dok.Poores Bantul)

Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Ismail Bayu Setio Aji, mengatakan kegiatan ini digelar guna peningkatan dan optimalisasi pelaksanaan olah TKP.

"Kegiatan ini untuk melihat kemampuan anggota dalam melakukan penyidikan di TKP, sekaligus menjadi ajang latihan anggota agar lebih cakap saat melakukan olah TKP," katanya.

2. Kepekaan dan intuisi anggota dalam melakukan olah TKP makin teruji

Polres Bantul Jadi Juara Lomba Olah TKP yang Digelar Polda DIYPolres Bantul juara 1 lomba olah TKP yang digelar Polda DIY.(Dok.Poores Bantul)

Menurutnya melalui kegiatan tersebut kepekaan intuisi anggota dalam melakukan olah TKP akan semakin teruji. Sehingga saat melakukan penanganan di TKP yang sesungguhnya, anggota tidak canggung dan dapat mengungkap bukti-bukti yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tindak kriminalitas.

"TKP merupakan gudangnya barang bukti, sehingga kami ingin semua anggota memiliki kecakapan yang cukup dalam menanganinya. Meski pada perkara tertentu ada unit khusus yang akan memberikan bantuan (Inafis)," paparnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Polres Bantul Ungkap Puluhan Kasus Pencurian-Penipuan

3. Jadi kebanggan namun juga tantangan bagi petugas Inafis Polres Bantul

Polres Bantul Jadi Juara Lomba Olah TKP yang Digelar Polda DIYPolres Bantul juara 1 lomba olah TKP yang digelar Polda DIY.(Dok.Poores Bantul)

Lebih lanjut Kasat Reskrim mengatakan menjadi juara lomba olah TKP yang digelar oleh Polda DIY merupakan sebuah kebanggaan. Namun dibalik itu beban berat bagi tim Inafis Polres Bantul untuk bekerja lebih profesional dalam mengungkap berbagai kasus pidana di wilayah hukum Polres Bantul.

"Ini jadi kebanggaan namun juga tantangan bagi petugas Inafis Polres Bantul " ucapnya.

Baca Juga: Orok Tanpa Kepala Ditemukan Hanyut di Sungai Bedok Bantul

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya