Comscore Tracker

Jalan Jogja-Wonosari KM 16 Longsor, Jalur Piyungan ke Patuk Ditutup  

Petugas membersihkan jalan, pengendara lewat jalur alternatif

Bantul, IDN Times - ‎Tanah longsor kembali terjadi di Jalan Jogja-Wonosari, kali ini terjadi di  KM 16, Kalurahan Srimulyo, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul. Akibatnya akses jalan dari Piyungan menuju Patuk sementara ditutup hingga menunggu material longsor dibersihkan.

1. Longsor terjadi sekitar pukul 16.00 WIB‎

Jalan Jogja-Wonosari KM 16 Longsor, Jalur Piyungan ke Patuk Ditutup  Longsor di Jalan Jogja-Wonosari.(Dok.Istimewa)

Kapolsek Piyungan, Kompol Soegihartono mengatakan sebelum kejadian tanah longsor, di lokasi tersebut pernah terjadi bencana serupa namun hanya sedikit. Namun hari ini sekitar pukul 16.00 WIB, kembali terjadi longsor yang mengakibatkan sebagian ruas jalan tertutup material. 

"Dulu ada longsor sedikit, tapi sekarang ambrol dan material menutup sebagian badan jalan," katanya, Jumat (25/11/2022).

2. Terjunkan anggota untuk mengatur arus lalu-lintas

Jalan Jogja-Wonosari KM 16 Longsor, Jalur Piyungan ke Patuk Ditutup  Longsor di Jalan Jogja-Wonosari.(Dok.Istimewa)

Pihaknya sudah menerjunkan anggota kepolisian untuk berjaga di lokasi longsor untuk mengantur lalu-lintas. Selain itu pembersihan jalan telah dimulai.

"Dari PJR Patuk sudah menutup jalan dari Patuk. Dari bawah (Piyungan) sementara untuk kendaraan besar tidak bisa masu dan dialihkan ke jalur lain," ucapnya.

Baca Juga: Mahar Pernikahan Kaesang Seperangkat Alat Salat dan Uang Rp300 Ribu 

3. Pengguna jalan diarahkan melalui jalur alternatif‎

Jalan Jogja-Wonosari KM 16 Longsor, Jalur Piyungan ke Patuk Ditutup  Longsor di Jalan Jogja-Wonosari.(Dok.Istimewa)

Bagi pengendara dari Piyungan menuju ke Gunungkidul, untuk sementara dialihkan melalui jalur alternatif Ngoro-Oro dan tembus ke kawasan Nglanggeran. Begitu pula sebaliknya dari Gunungkidul menuju Yogkarta.

"Jadi kemungkinan besar jalur Jogja-Wonosari untuk sementara ditutup sampai pembersihan material longsoran selesai dilakukan," ucapnya.‎

Baca Juga: Sejarah Hotel Tugu Jogja, Dulu Berjaya, Kini Terlupa

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya