Pencarian Tempat Wisata Jogja di Traveloka Meningkat 40 Persen 

Digitalisasi membuka peluang peningkatan pariwisata 

Yogyakarta, IDN Times - Traveloka mendukung digitalisasi pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Digitalisasi menawarkan peluang pertumbuhan ekonomi baru di berbagai sektor termasuk industri pariwisata.

CEO of Transport, Traveloka, Iko Putera mengungkapkan DIY menjadi salah satu destinasi wisata penting di Indonesia bahkan Asia Tenggara dengan tingkat penetrasi digital yang tinggi. Menurut riset East Ventures Digital Competitiveness Index (EV DCI) 2022, DIY berada di peringkat ketiga daya saing digital dengan skor 60,6. "Oleh karena itu, Traveloka melihat bahwa transformasi digital juga turut berkontribusi dalam membangun sektor pariwisata di DIY,” ujar Iko, Sabtu (4/2/2023).

Digitalisasi tidak hanya membantu wisatawan untuk merencanakan dan menikmati perjalanan wisata, tetapi juga menggerakkan ekonomi sekitar yang terlibat dalam ekosistem destinasi wisata tersebut. Upaya itu pun telah sukses merangsang pertumbuhan pariwisata Yogyakarta dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi.

1. Pencarian destinasi wisata Yogyakarta meningkat

Pencarian Tempat Wisata Jogja di Traveloka Meningkat 40 Persen Ilustrasi Tugu Pal Putih Yogyakarta (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Menurut data internal Traveloka, pencarian konsumen terhadap destinasi Yogyakarta meningkat hampir 40 persen pada tahun 2022 dibandingkan 2021. Selain itu, permintaan konsumen datang ke Candi Borobudur meningkat lebih dari 60 persen pada tahun 2022, dengan 4 wisata lokal yang paling diminati oleh wisatawan, di antaranya adalah Candi Prambanan, Candi Borobudur, Jogja Bay Waterpark dan Candi Ratu Boko.

Dari segi transportasi, permintaan pencarian menuju DIY terus mengalami peningkatan yang signifikan, tercatat peningkatan permintaan penerbangan dan moda transportasi bus dan shuttle masing-masing lebih dari 2 kali sepanjang tahun 2022 dibandingkan 2021. Kenaikan ini turut didorong melalui beragam tawaran produk dan layanan perjalanan Traveloka yang selalu berfokus untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi konsumen.

2. Digitalisasi dukung ekosistem wisata dan ekonomi

Pencarian Tempat Wisata Jogja di Traveloka Meningkat 40 Persen Ilustrasi peta digital (IDN Times/Sukma Shakti)

Komitmen Traveloka dalam percepatan implementasi teknologi di sektor pariwisata, sejalan dengan agenda Kemenparekraf. Traveloka secara aktif mempromosikan 5 destinasi pariwisata super prioritas. Melalui platform Traveloka, konsumen memiliki akses dengan mudah menemukan beragam atraksi wisata lokal seperti Borobudur sehingga para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdaftar di platform Traveloka dapat memperluas jangkauan konsumennya.

“Melalui Traveloka, kami mendorong pelaku dan konsumen di sektor pariwisata untuk mendapatkan manfaat melalui digitalisasi, sehingga kedua sisi terhubung dan mendukung bertumbuhnya ekosistem pariwisata dan ekonomi di sekitarnya," kata Iko.

Baca Juga: 4 Mitos Candi Ratu Boko yang Penting untuk Kamu Ketahui!

Baca Juga: Basah-Basahan di Jogja Bay Waterpark: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

3. Pergeseran tren pariwisata di DIY

Pencarian Tempat Wisata Jogja di Traveloka Meningkat 40 Persen Ilustrasi kunjungan wisatawan (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Ketua Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia, Azril Azhari menilai meskipun DIY menempatkan pariwisata sebagai penopang perekonomian, tetapi angka wisatawan mancanegara belum terlalu signifikan. “Padahal potensinya sangat besar. Selain wisata alam, di sini ada wisata budaya, dan kekhasan yang unik juga,” ungkapnya.

Azril membenarkan saat ini pengembangan pariwisata DIY harus mengadaptasi pergeseran tren pariwisata yang terjadi selama pandemik. “Pariwisata lebih customize, personalize dan localize, ini yang penting juga selain dengan digitalisasi,” ujar Azril.

Terlebih lagi, DIY merupakan tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023, yang dihelat pada tanggal 2-5 Februari 2023. Forum ini akan menjadi momentum untuk memacu kreativitas dan kesiapan industri pariwisata daerah sekaligus meningkatkan minat wisatawan domestik maupun mancanegara.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Penginapan Murah di Dekat Candi Prambanan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya