Bandara YIA Batal Diresmikan Jokowi, Jumlah Penumpang Turun Drastis   

53 penerbangan juga dibatalkan

Kulon Progo, IDN Times- Sebanyak 53 penerbangan batal terbang dari Bandara Yogyakarta Internasional, pada Minggu (29/3). Pembatalan tersebut disebabkan adanya pandemi COVID-19. 

Keterangan Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi di Kulon Progo, awalnya hari ini, Minggu (29/3) merupakan pengoperasian penuh bandara baru yang dimiliki DI Yogyakarta. Sejumlah acara pun telah direncanakan, antara lain Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan meresmikan bandara yang terletak di Kabupaten Kulon Progo tersebut. 

"Namun karena ada COVID-19, sebanyak 53 pergerakan penerbangan yang membatalkan jadwal mereka di YIA, maka untuk sementara hanya ada 115 pergerakan. Seremoni juga ditiadakan," kata Faik, seperti dilansir dari Antara. 

 

Baca Juga: Pemindahan Penerbangan dari Adisutjipto ke YIA Bakal Tanpa Seremonial

1. Jumlah penumpang turun lebih 50 persen

Bandara YIA Batal Diresmikan Jokowi, Jumlah Penumpang Turun Drastis   Bandara YIA Kulonprogo. IDN Times/Daruwaskita

Rencana, pada peresmian hari ini akan ada 168 penerbangan baik domestik dan internasional dari Bandara YIA. 

Faik menyebutkan dalam kondisi normal, jumlah penumpang yang datang dan berangkat dari YIA per hari mencapai 18 ribu, artinya terdapat 9 ribu penumpang datang, dan 9 ribu keberangkatan. 

“Karena ada COVID-19, dalam 3 hari terakhir jumlah keseluruhannya baik kedatangan dan keberangkatan, hanyalah 7.000-8.000 per hari.”

2. Pembatalan penerbangan internasional

Bandara YIA Batal Diresmikan Jokowi, Jumlah Penumpang Turun Drastis   ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Faik belum dapat memastikan sampai kapan maskapai melakukan pembatalan jadwal penerbangan. Pembatalan penerbangan tersebut tergantung kebijakan masing-masing maskapai.

"Untuk rute internasional sementara masih menghentikan penerbangan. Dua maskapai yang sebelumnya beroperasi di Adisutjipto, SilkAir dan AirAsia sementara menghentikan penerbangan dari 20 Maret 2020 sampai 11 Mei 2020," katanya.

 

3. Penerbangan pertama hari ini dilakukan oleh Batik dan Lion Air

Bandara YIA Batal Diresmikan Jokowi, Jumlah Penumpang Turun Drastis   Dok. Kementerian Perhubungan

Pada hari ini, Minggu (29/3) operasi penuh tetap akan dilakukan. Penerbangan pertama akan dilaksanakan oleh Batik Air dengan tujuan ke Samarinda dan menuju Jakarta. Keduanya berangkat pada pukul 06.00 WIB. Sedangkan untuk kedatangan akan dilaksanakan oleh Lion Air yang sekitar 06.20 WIB dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng. 

Baca Juga: 5 Pilihan Moda Transportasi dari Jogja Menuju YIA, Plus Tarifnya

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya