Gelombang Landai, Pantai Gunungkidul Pas Dikunjungi saat Libur Lebaran

SAR Satlinmas siap amankan wisatawan di Pantai Gunungkidul

Gunungkidul, IDN Times - ‎Pantai selatan Kabupaten Gunungkidul diprediksi akan diserbu oleh wisatawan pada momen libur Lebaran. SAR Satlinmas Wilayah I dan II Gunungkidul memastikan kondisi gelombang akan landai. Kendati demikian, wisatawan tetap diminta untuk mengikuti arahan dari tim SAR Satlinmas yang sedang bertugas.

1. Selama libur Lebaran gelombang cenderung landai

Gelombang Landai, Pantai Gunungkidul Pas Dikunjungi saat Libur LebaranPantai Kukup Gunungkidul. (IDN Times/Paulus Risang)

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto, mengatakan pada saat libur Lebaran diperkirakan gelombang cukup landai. Sehingga tidak terlalu bahaya untuk bermain di pinggir pantai.

"Petugas tetap akan memberikan himbauan kepada wisatawan, tidak bermain air hingga ke tengah," katanya, Rabu (19/4/2023).

2. Pasang rambu-rambu bahaya di daerah palung

Gelombang Landai, Pantai Gunungkidul Pas Dikunjungi saat Libur LebaranRambu bahaya palung di pantai selatan Bantul. (IDN Times/Daruwaskita)

Pihaknya juga akan memasang rambu-rambu daerah palung atau rip current yang ada di setiap pantai dan wisatawan diharapkan tidak berenang di daerah berbahaya tersebut.

"Kalau di pantai di Gunungkidul pantai yang terdapat palung tidak berubah-ubah seperti di Bantul," ungkapnya.

Lebih lanjut Surisdiyanto mengatakan selama libur Lebaran pihaknya mengerahkan 64 personel dengan peralatan 3 unit mobil ambulans, 4 kapal jukung, 2 jet ski dan 1 ATV.

"Kita juga siapkan jalur evakuasi melalui laut jika terjadi kemacetan. Korban nantinya akan dievakuasi melalui Pantai Ngrenehan (Saptosari)," terangnya.

Baca Juga: Dispar Gunungkidul Imbau Pelaku Wisata Pasang Daftar Harga

3. Kerahkan puluhan personel amankan wisatawan saat libur Lebaran‎

Gelombang Landai, Pantai Gunungkidul Pas Dikunjungi saat Libur LebaranIlustrasi evakuasi korban laka laut. (Dok. Sarsatlimas Wilayah II Gunungkidul)

Sementara Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I, Sunu Handoko, mengatakan selama libur Lebaran pihaknya menyiapkan tak kurang 35 personel dengan peralatan lengkap seperti 3 unit perahu, 5 unit mobil ambulans, 2 unit ATV dan sebuah jet ski.

"Kita sudah siap mengamankan wisatawan saat libur Lebaran mendatang. Wisatawan kita himbau tetap mematuhi imbauan dari petugas," katanya.

Baca Juga: Libur Lebaran, Gunungkidul Bakal Diserbu 185 Ribu Wisatawan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya