Jokowi Bakal Salat Idul Adha Bareng Masyarakat Jogja

Salat Id di Gedung Agung terbuka untuk umum

Yogyakarta, IDN Times - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Iriana Joko Widodo akan melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriah di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta, Kamis (29/6/2023). Salat Idul Adha tersebut terbuka untuk umum.

"Besok Bapak Presiden akan salat Idul Adha di halaman depan Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Rabu (28/6/2023).

1. Presiden akan shalat bersama masyarakat sekitar

Jokowi Bakal Salat Idul Adha Bareng Masyarakat JogjaCucu Jokowi naik andong di Gedung Agung Yogyakarta. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Bey mengatakan bahwa salat Iduladha tersebut terbuka untuk umum. Salat Iduladha tersebut rencananya akan dimulai pada pukul 06.30 WIB. "Presiden akan salat bersama masyarakat sekitar," kata Bey.

Berbagai persiapan juga telah terlihat di sekitar Gedung Agung Yogyakarta. Sejumlah petugas juga tampak berjaga di kawasan Gedung Agung Yogyakarta, dan Malioboro.

2. Semangat Berkurban dan Ketaatan Nabi Ismail AS

Jokowi Bakal Salat Idul Adha Bareng Masyarakat JogjaIlustrasi khotbah (IDN Times/Arief Rahmat)

Pada salat Idul Adha tersebut, Kepala Bidang Urusan Agama Islam, Kementerian Agama (Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jauhar Mustofa akan bertindak selaku imam sekaligus khatib.

Adapun yang menjadi tema khotbah yakni 'Semangat Berkurban dan Ketaatan Nabi Ismail AS'. Sementara itu, Maulana Hasbulloh akan bertindak sebagai bilal dan memandu kumandang takbir. 

Baca Juga: Jokowi Akan Salat Idul Adha di Gedung Agung Yogyakarta Besok Kamis

3. Sempat berkeliling bersama cucu menggunakan andong

Jokowi Bakal Salat Idul Adha Bareng Masyarakat JogjaPresiden Jokowi bersama cucu menaiki andong di Gedung Agung, Rabu (28/6/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Pantauan di sekitar halaman Gedung Agung, pada Rabu (28/6/2023) Presiden Joko Widodo tampak menemani dua cucunya, Sedah Mirah Nasution dan Al Nahyan Nasution, menaiki andong di halaman dalam Gedung Agung, sekitar pukul 12.00 WIB. Sore harinya tiga cucu Presiden Joko Widodo kembali tampak menaiki andong, dan berkeliling di halaman dalam Gedung Agung. 

Tiga cucu Jokowi yang tampak terlihat yaitu Sedah Mirah Nasution, Panembahan Al Nahyan Nasution, dan Panembahan Al Saud Nasution. Mereka bertiga didampingi babysitter dan Paspamres. Mereka juga sempat melambaikan tangan.

Baca Juga: Masjid Gedhe Kauman Gelar 2 Kali Salat Idul Adha, Hari Ini dan Besok

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya