Comscore Tracker

7 Fakta Mario, Muncul Karena Nintendo Alami Masalah Lisensi

Gak selalu jadi protagonis, lho!

Sejak muncul pertama kali dalam game Donkey Kong pada tahun 1981, Mario menjadi karakter yang sangat terkenal dan paling sukses di dunia. Karakter ini juga secara tidak langsung merupakan representasi Nintendo dalam dunia game. Tidak heran, jika berbicara Nintendo maka Mario yang akan muncul dalam pikiran kita.

Tapi, Tidak semua orang mengetahui bagaimana Nintendo bisa menciptakan Mario yang kita kenal saat ini. Bisa dikatakan banyak sekali hal menarik tentang Mario dan kisah sesungguhnya dibalik karakter Mario yang mungkin belum kita ketahui. Mulai dari sejarahnya hingga kisah gelap yang ada.

Untuk itu, berikut adalah fakta menarik Mario yang mungkin belum kamu ketahui hingga saat ini.

1. Nama Mario dan Popeye sebagai konsep awal game Mario

7 Fakta Mario, Muncul Karena Nintendo Alami Masalah LisensiPopeye the Sailor (dok Boomerang Official/Popeye the Sailor)

Pada awalnya kreator Mario, Shigeru Miyamoto, ingin membuat permainan menggunakan karakter Popeye. Hanya saja, permainan tersebut mengalami masalah dalam hal lisensi Popeye, Brutus dan Olive.

Karena itu, pada tahun 1981 dibuat game Donkey Kong yang merupakan konsep awal game Popeye. Hanya saja, karakter dalam game tersebut diganti menjadi Donkey Kong, Princess dan Jumpman yang nantinya berganti nama menjadi Mario.

Nama Mario sendiri muncul dari seorang agen properti bernama Mario Segale, ia memberikan kesan kepada penyewa tempat tinggalnya yang ternyata adalah karyawan Nintendo. Uniknya, Mario Segale datang bukan untuk bertemu, tapi untuk menagih uang sewa yang tertunda.

2. Mario memiliki pekerjaan yang banyak

7 Fakta Mario, Muncul Karena Nintendo Alami Masalah LisensiMario digambarkan menjadi arsitek dalam Super Mario Maker 2 (dok. Nintendo/Super Mario Maker 2)

Selama lebih dari 35 tahun, Mario ternyata telah memiliki banyak sekali pekerjaan. Pada game Donkey Kong, Mario disebutkan sebagai seorang tukang kayu yang menyelamatkan Princess Peach dari Gorilla raksasa. Begitu pula pada Mario Golf yang menggambarkan Mario sebagai seorang pemain golf Professional.

Selain itu, Mario juga pernah menjadi dokter, pembalap, pemain golf, pemain basket, pemain bola, ahli seni bela diri, pemain baseball, pemain tennis, tukang kayu, arsitek dan tukang ledeng yang terkenal hingga saat ini. Bisa dikatakan, Mario adalah orang yang multi talenta dengan pengalaman kerja yang banyak.

3. Mario juga pernah menjadi antagonis

7 Fakta Mario, Muncul Karena Nintendo Alami Masalah LisensiDonkey Kong Jr menggambarkan Mario sebagai antagonis (dok. Nintendo/Donkey Kong Jr)

Tidak semua game Mario menggambarkan dirinya sebagai seorang pahlawan yang menyelamatkan putri cantik. Dalam game Donkey Kong Jr, Mario digambarkan menculik Donkey Kong dan menguncinya dalam kandang. Sehingga, anaknya harus menyelamatkan sang ayah yang diculik.

Namun, hal ini belum bisa dipastikan apakah Nintendo memang sengaja membuat Mario sebagai penjahat. Terdapat sedikit perubahan design dalam ilustrasi Mario yang lebih kurus, memiliki hidung yang panjang dan kumis yang keriting.

Tetap saja, tampilan pakaian berwarna merah dan biru adalah penampilan khas Mario. Jika pakaian tersebut diganti menjadi warna ungu, maka akan lebih mirip dengan Waluigi.

Baca Juga: 7 Game Naruto Terbaik Sepanjang Masa, Ada Ultimate Ninja Storm

4. Kisah Pengisi suara Mario yang unik

https://www.youtube.com/embed/jcdIqTFgWRA

Charles Martinet adalah orang dibalik suara iconic Mario, Luigi, Wario dan Waluigi sejak tahun 1995. Uniknya, Charles Martinet merupakan orang yang tidak diundang dalam casting pengisian suara Mario di Las Vegas. Temannya menyuruh Charles agar datang ke sana tanpa ada rencana terlebih dahulu.

Saat itu, ia datang dalam keadaan kru dan staff sedang membereskan perlengkapan mereka. Untungnya, Charles masih diberikan kesempatan untuk mencoba mengisi suara Mario dan langsung menunjukkan kemampuannya. Ia menggunakan suara yang tinggi dan terus berbicara hingga rekaman kaset tersebut habis.

Dengan kemampuannya itu, Charles berhasil menjadi pengisi suara tukang ledeng favorit kita hingga saat ini.

5. Kumisnya dibuat karena teknologi yang terbatas

7 Fakta Mario, Muncul Karena Nintendo Alami Masalah Lisensicuplikan Super Mario Bros (dok. Nintendo/Super Mario Bros)

Pada game Super Mario Bros, kemampuan teknologi untuk mendesain karakter game masih terbatas. Nintendo mengalami kebuntuan dalam membuat wajah Mario yang memiliki senyum. Kemudian, mereka terpikirkan untuk membuat kumis daripada mulut yang lebih sulit.

Hal ini dilakukan untuk menghemat waktu dan tenaga serta pada masa itu semua game terbatas pada grafik 8-bit yang pixelated. Jadi, ketimbang membuat mulut yang sulit, Nintendo memutuskan untuk membuat kumis Mario dan tidak membuat mulut sama sekali yang justru menjadi ciri khas Mario dengan kumis yang tebal.

6. Telah memenangkan beberapa rekor dunia

7 Fakta Mario, Muncul Karena Nintendo Alami Masalah LisensiMario Kart 8 Deluxe, game Mario yang paling laris sepanjang masa (dok. Nintendo/ Mario Kart 8 Deluxe)

Setelah lebih dari 35 tahun dalam persaingan dunia game yang semakin keras. Tidak heran jika Mario telah memecahkan beberapa rekor dunia yang secara tidak langsung menambah popularitas dirinya dalam dunia game bersaing dengan Cloud dan Tifa dari Final Fantasy dan Kirby dari game Kirby.

Beberapa rekor tersebut seperti, film Super Mario menjadi film yang berdasarkan game pertama, karakter yang paling menghasilkan, game dengan waktu bermain paling panjang dan Mario Kart 8 Deluxe menjadi game Mario yang paling laris sepanjang masa. Mario secara tidak langsung menjadi anak yang paling membanggakan bagi Nintendo.

7. Batu yang dihancurkan Mario di dalam game adalah rakyat Kerajaan Jamur

7 Fakta Mario, Muncul Karena Nintendo Alami Masalah LisensiMario melawan Bowser, Raja suku Koopa (dok. Nintendo/Super Mario Bros)

Dalam buku panduan Super Mario Bros 1985, terdapat kisah yang cukup menyeramkan mengenai asal mulai Kerajaan Jamur pada game Super Mario Bros. Rakyat pada kerjaan Jamur ternyata diubah menjadi batu oleh suku Koopa, kura-kura ahli sihir hitam.

Princess Toadstool atau Peach adalah satu-satunya orang yang mampu mengubah mereka kembali menjadi sedia kala. Oleh karena itu, Bowser, raja suku Koopa menculik Princess Toadstool agar tidak merusak rencana mereka.

Jika mengingat lagi, pemain menghancurkan batu-batu tersebut agar mendapatkan kekuatan dari jamur atau rumput. Tetapi, apakah Mario tahu kalau yang ia hancurkan adalah rakyat Kerajaan Jamur?

Jadi, itu adalah fakta menarik Mario yang mungkin belum kamu ketahui. Menurut kamu, fakta manakah yang paling menarik? Komen di bawah ya!

Baca Juga: GameLan, Wadah bagi Developer Game Muda di Yogyakarta

Rizki Ali Photo Community Writer Rizki Ali

I'm Still Learning Here

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya