Tol Jogja-Bawen Terus Dikebut, Ini Ruas yang Menjadi Prioritas

Konstruksi di DIY capai 51 persen

Yogyakarta, IDN Times - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) selaku pengelola Jalan Tol Jogja-Bawen mengatakan Seksi 1 Ruas Jogja-Simpang Susun (SS) Banyurejo dan Seksi 6 Ambarawa - Bawen menjadi prioritas pengerjaan kontruksinya.

1. Pengerjaan mencapai 50 persen lebih

Tol Jogja-Bawen Terus Dikebut, Ini Ruas yang Menjadi PrioritasSeksi 1 Tol Yogya-Bawen Sudah Lebih dari 50 Persen (Dokumentasi PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB)

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB), A.J. Dwi Winarsa menyebut pengerjaan konstruksi Seksi 1 Ruas Jogja-SS Banyurejo telah mencapai 51,75 persen.

Menurut Dwi, Seksi 1 Ruas Jogja-SS Banyurejo saat ini akan mengoptimalkan pekerjaan konstruksi pada lahan yang sudah bebas.

"Seperti pekerjaan struktur yaitu Jembatan Kali Sangu Banyu, Kali Mataram, elevated 1, elevated 2, elevated 3, elevated 4, box underpass, box culvert, pekerjaan badan jalan dan perbaikan tanah," kata Dwi dalam keterangannya, Selasa (27/2/2024).

 

2. Dua seksi prioritas

Tol Jogja-Bawen Terus Dikebut, Ini Ruas yang Menjadi PrioritasTol Solo-Yogyakarta (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Dwi menambahkan, sesuai dengan target dan prioritas pembangunan di proyek Jalan Tol Jogja-Bawen, pekerjaan konstruksi yang sekarang ini menjadi prioritas adalah konstruksi untuk Seksi 1 Ruas Jogja-SS Banyurejo dan Seksi 6 Ambarawa - Bawen. Panjang masing-masing seksi tersebut yakni 8,8 kilometer dan 5,12 kilometer.

Konstruksi untuk kedua seksi ini targetnya rampung sesuai rencana, sehingga akan bisa beroperasi terlebih dahulu.

"Progres konstruksi Seksi 6 Ambarawa - Bawen saat ini sedang dilakukan pekerjaan pembersihan lokasi kerja, timbunan tanah, borpile serta pelebaran pada akses on/off ramp Bawen," tutur Dwi.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Proyek Tol Jogja-Bawen di Wilayah DIY Capai 88 Persen

3. Tak abai aspek sosial dan kebudayaan

Tol Jogja-Bawen Terus Dikebut, Ini Ruas yang Menjadi PrioritasTol Yogyakarta-Solo (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Dwi juga menyebutkan dalam hal kegiatan pembebasan lahan terdampak proyek pembangunan Jalan Tol Jogja-Bawen, pihaknya berkoordinasi dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Jalan Tol Jogja-Bawen Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Selain itu juga Badan Pertahanan Nasional Kantor Wilayah DIY dan Provinsi Jawa Tengah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan Lembaga Managemen Aset Negara (LMAN).

"Tentunya pembangunan jalan tol akan tetap memperhatikan aspek sosial dan kebudayaan yang menjadi khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan dari sisi penghijauan, kami menargetkan Jalan Tol Jogja- Bawen mengembangkan sejumlah program beautifikasi jalan tol yang tidak hanya menambah estetika namun juga tetap memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," papar Dwi.

Baca Juga: Warga Bayen Demo Proyek Tol Jogja-Solo, Ini yang Dituntut

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya