Libur Natal, Pengunjung Gembira Loka Zoo Capai 15 Ribu per Hari

Bersiap hadapi peak season seri kedua di tahun baru

Yogyakarta, IDN Times - Kebun Binatang Gembira Loka atau GL Zoo masih jadi destinasi favorit wisatawan yang menghabiskan masa liburan Natal dan Tahun Baru di Kota Yogyakarta. Pada puncak masa libur Natal, 23-24 Desember 2023 kemarin tercatat kunjungan ke GL Zoo naik menembus 15 ribu orang.

"Puncaknya pas 23 dan 24 kemarin naik 10 ribu sampai 15 ribu," kata Humas GL Zoo, Yosi Hermawan, Selasa (26/12/2023).

1. Naik 20 persen dari tahun lalu

Libur Natal, Pengunjung Gembira Loka Zoo Capai 15 Ribu per HariPotret Gembira Loka, Yogyakarta (instagram.com/glzoojogja)

Capaian ini cukup kontras apabila dibandingkan catatan kunjungan di hari-hari biasa yang menurut Yosi hanya sekitar seribuan per hari. Bahkan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sekalipun, tercatat peningkatan sebanyak 20 persen.

"Meningkat sepuluh sampai dua puluh persen. Cukup signifikan karena (tahun lalu) kaitannya dengan COVID-19," jelas Yosi.

2. Dominasi plat B dan Jawa Tengah

Libur Natal, Pengunjung Gembira Loka Zoo Capai 15 Ribu per Haripotret gajah di Gembira Loka Zoo (gembiralokazoo.com)

Peningkatan jumlah kunjungan periode tahun ini, menurut Yosi, telah terpantau sejak tanggal 16 Desember 2023 kemarin atau awal musim libur Nataru tahun ini. Setelah itu merangkak naik hingga mencapai puncaknya akhir pekan lalu.

"Mulai tanggal 16 kemarin rata-rata per harinya empat ribu," terang Yosi.

Dikatakan Yosi, pengunjung GL Zoo pada momen libur nataru tahun ini didominasi oleh wisatawan asal Jakarta dan Jawa Tengah.

Baca Juga: Keluar Exit Tol Ceper, 2.400 Kendaraan Masuk Jogja Tiap Jam

3. Peak season gelombang 2

Libur Natal, Pengunjung Gembira Loka Zoo Capai 15 Ribu per HariSinga afrika, koleksi satwa terbaru di Gembira Loka Zoo. (IDN Times/Paulus Risang)

Dengan capaian ini, pengelola GL Zoo tak lantas bersantai-santai ria karena masih harus mempersiapkan 'peak season' gelombang dua pada musim liburan Nataru tahun ini. Yosi memprediksi peak season gelombang kedua akan berlangsung tanggal 30 dan 31 Desember 2023 mendatang.

"Karena Selasanya (2 Januari 2024k kan ada yang sudah masuk sekolah dan kerja. Jadi kami perkirakan di hari Minggunya (peak season)," pungkasnya.

Baca Juga: Perputaran Uang Wisatawan di Sleman Capai Belasan Triliun selama 2023

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya