Bupati Sleman Miris Belasan Siswa SMPN 3 Berbah Pesta Minuman Keras

Kelakuan siswa jadi tamparan keras dunia pendidikan

Sleman, IDN Times - Belasan siswa SMPN 3 Berbah, Sleman dikabarkan kepergok tengah berpesta minuman keras (miras) di lingkungan sekolah mereka.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengaku miris pesta miras terjadi di lingkungan sekolah yang seharusnya ketat dengan pengawasan, saat para guru sedang menyelesaikan Penilaian Akhir Semester (PAS).

"Ini kabar yang mengejutkan dan saya sendiri menyayangkan. Apalagi dilakukan di lingkungan sekolah. Tempat yang seharusnya bebas dari rokok, narkoba dan bahkan miras," kata Kustini, Jumat (6/1/2023).

 

1. Tamparan keras bagi dunia pendidikan

Bupati Sleman Miris Belasan Siswa SMPN 3 Berbah Pesta Minuman KerasBupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. (IDN Times/Yogie Fadila)

Kustini melihat kejadian ini merupakan tamparan keras bagi institusi pendidikan. Oleh karenanya, ia meminta segera dilakukan evaluasi dan tindak lanjut atas kejadian tersebut.

"Saya harap ada evaluasi besar. Tidak hanya untuk SMPN 3 Berbah saja, tetapi semua sekolah tolong lebih ditingkatkan lagi sistem pengawasan," tegas Kustini.

2. Hukuman yang dijatuhkan tidak sebabkan siswa putus sekolah

Bupati Sleman Miris Belasan Siswa SMPN 3 Berbah Pesta Minuman KerasIlustrasi Pelajar (SMP). IDN Times/Mardya Shakti

Bupati Sleman menyerahkan kepada pihak sekolah yang memiliki otoritas untuk menjatuhkan sanksi atas perbuatan para siswa tersebut. Kustini berpesan agar hukuman yang dijatuhkan tidak sampai menyebabkan para siswa putus sekolah.

"Hukumannya yang mendidik saja, jangan sampai dikeluarkan dan beresiko putus sekolah," pesan Kustini.

Baca Juga: 4 Pemain Keluar, Suporter PSS Tak Sabar Tunggu Pengumuman Pemain Baru 

Baca Juga: Bupati Sleman Soroti Keamanan Pembangunan Talud Perumahan di Ngemplak 

3. Torehkan efek jera

Bupati Sleman Miris Belasan Siswa SMPN 3 Berbah Pesta Minuman KerasIlustrasi Petugas Satpol PP. ANTARA/HO-Satpol PP Jaktim/am

Sementara dari Pemkab Sleman, kata Kustini, berencana leblih menggiatkan patroli Satpol PP yang menyasar ke ranah pelajar.

"Saya akan minta Satpol PP untuk patrolinya ditingkatkan, jika masih ada yang seperti itu (pesta miras) tangkap saja dan kita beri pembinaan. Serta kita panggil orangtua agar ada efek jera," pungkas Kustini.

Baca Juga: 6 Fakta Candi Abang Sleman, Situs Bersejarah yang Unik

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya