Comscore Tracker

Vaksinasi Tahap II, Puluhan Wartawan di Sleman Terima Dosis Pertama

Wartawan termasuk ke dalam kriteria petugas publik

Sleman, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 tahap II di Kabupaten Sleman resmi dimulai sejak Senin (22/2/2021). Dari ribuan orang yang akan mendapatkan vaksinasi, puluhan di antaranya merupakan wartawan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo menjelaskan, vaksinasi kepada wartawan sendiri mulai dilakukan di RSUD Sleman pada Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: Dinilai Efektif, PPKM Mikro di Sleman Diperpanjang Lagi

1. Ada 40 sasaran awal

Vaksinasi Tahap II, Puluhan Wartawan di Sleman Terima Dosis PertamaIlustrasi Penyuntikan Vaksin. ANTARA FOTO/Soeren Stache/Pool via REUTERS

Joko menjelaskan, setidaknya, ada 40 wartawan yang mendapatkan vaksinasi di termin ini. Nantinya bagi wartawan yang belum terdata dan mengisi formulir vaksinasi, bisa mendaftarkan diri pada tautan daftarvaksin.slemankab.go.id hingga akhir Februari.

"Minggu ini vaksinasi tahap kedua sudah dimulai untuk petugas pelayanan publik, di antaranya wartawan. Kita memang memanfaatkan momen ini mengajak teman-teman media vaksinasi," ungkapnya pada Selasa (23/2/2021).

2. Masuk dalam 15 kriteria petugas pelayanan publik

Vaksinasi Tahap II, Puluhan Wartawan di Sleman Terima Dosis PertamaVaksinasi kepada wartawan di Kabupaten Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Joko, wartawan masuk dalam salah satu kriteria sasaran penerima vaksinasi tahap II. Dia berharap, vaksinasi kepada wartawan ini bisa memberikan efek karambol bagi masyarakat luas terkait pentingnya vaksinasi COVID-19.

"Wartawan ini termasuk yang sudah isi form. Totalnya 100 ribu pelayanan publik. Karena diperluas juga cakupannya," terangnya.

3. Dosis kedua akan diberikan dua minggu kemudian

Vaksinasi Tahap II, Puluhan Wartawan di Sleman Terima Dosis PertamaRencana Vaksinasi COVID-19 (Sukma Shakti/IDN Times)

Sementara itu, Pj Promosi Kesehatan RSUD Sleman Kristina mengungkapkan, pemberian vaksinasi kepada wartawan akan diberikan dalam dua dosis. Untuk dosis kedua, direncanakan akan diberikan dua minggu kemudian.

"Vaksin ini akan terbentuk antibodi secara sempurna setelah 28 hari. Untuk itu, meskipun sudah divaksin harus tetap memperhatikan protokol kesehatan," paparnya.

Baca Juga: Sasaran Vaksinasi Tahap II 150 Ribu Orang, Dinkes Sleman: Tantangan Lebih Berat

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya