Comscore Tracker

Mahasiswa UNY Buat Es Krim dari Sayur, Solusi Pelengkap Nutrisi Anak

Cara enak agar anak dapat nutrisi dari sayuran

Sleman, IDN Times - Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang terdiri dari Marliyoda Aji Pangestu dari Prodi Teknologi Pendidikan, Muhammad Dimas Hendrawan dari Prodi Akuntansi, dan Rosyid Fuadi dari Prodi Tata Boga, membuat es krim berbahan baku sayur-sayuran.

Ide awal pembuatan es krim ini muncul karena munculnya keprihatinan, di mana banyak anak-anak jarang mau mengonsumsi sayuran. Di sisi lain, banyak anak-anak yang sangat suka mengkonsumsi es krim.

“Es krim sayur merupakan jenis makanan yang sangat cocok untuk anak-anak yang memiliki latar belakang tidak suka memakan sayuran," ungkap Marliyoda.

Baca Juga: Mahasiswa UNY Sulap Minyak Goreng Bekas dan Daun Jarak Jadi Sabun   

1. Salah satu inovasi yang bisa dicoba

Mahasiswa UNY Buat Es Krim dari Sayur, Solusi Pelengkap Nutrisi Anakpexels.com/ Fancycrave

Marliyoda menjelaskan, sayuran sendiri merupakan makanan yang sangat kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Sedangkan es krim juga bermanfaat mengurangi rasa tertekan atau stres, kaya akan kalsium, meningkatkan kekebalan tubuh, kaya akan vitamin, mengandung protein, dan kaya akan gizi. Dari situlah Marliyoda mencoba untuk menggabungkan es krim dengan sayuran agar anak-anak menyukainya.

"Es krim ini merupakan salah satu inovasi baru yang bagus untuk diimplementasikan buat anak-anak, karena selain harganya murah bahan-bahan juga gampang untuk ditemukan," katanya.

2. Bisa gunakan berbagai macam sayuran

Mahasiswa UNY Buat Es Krim dari Sayur, Solusi Pelengkap Nutrisi Anakunsplash.com/Dan Gold

Muhammad Dimas Hendrawan menerangkan, ada berbagai jenis sayur seperti sawi, bayam, bayam ungu, tomat, lobak, dan lain-lain yang bisa digunakan untuk pembuatan es krim. Selain itu, es krim ini juga bisa ditambah variasi seperti menambahkan topping berupa oreo, jeli, buah, keju, dan saus cokelat sehingga dapat menambah selera makan anak.

"Diharapkan es krim ini dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan anak untuk pertumbuhan yang didapat dari sayur yang sudah diolah," jelasnya.

3. Cara pembuatan es krim

Mahasiswa UNY Buat Es Krim dari Sayur, Solusi Pelengkap Nutrisi AnakPixabay.com/arinaja

Sementara itu, Rosyid Fuadi menerangkan, ada beberapa bahan baku yang dibutuhkan untuk pembuatan es krim ini, diantaranya lowfat, susu sachet, gula pasir, garam, topping dan sayuran. Sedangkan untuk alat yang dibutuhkan antara lain freezer, blender, sendok dan tempat adonan.

Untuk cara membuat es krim ini yakni, pertama persiapkan semua alat dan bahan, lalu cuci sayuran yang akan dijadikan bahan es krim. Kemudian blender 100ml susu low fat, 1/4 sdm gula pasir, 1 saset susu kental manis, beberapa helai sayuran dan sedikit garam. Tuang dalam tempat adonan dan masukkan ke freezer, tunggu sampai membeku.

"Setelah keras tusuk-tusuk memakai garpu atau sendok sampai agak hancur, kemudian blender lagi sampai halus dengan kecepatan tinggi. Setelah selesai diblender, kemudian masukan ke dalam freezer, dan es krim sayuran siap dikonsumsi," paparnya.

Baca Juga: Mahasiswa UNY Bikin Pakan Alami Ikan Lele dari Eceng Gondok

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya