UIN Sunan Kalijaga Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Keberagaman 

Menjadi universitas pertama yang buka jalur keberagaman

Sleman, IDN Times - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mulai membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur keberagaman dan mahasiswa yang berasal dari daerah 3T, yaitu terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Al Makin menjelaskan jalur mulai dibuka pada Tahun Akademik 2022/2023.

"Melalui Jalur ini UIN Sunan Kalijaga menerima mahasiswa non-Muslim, tidak memandang suku, agama, ras, dan golongan, serta untuk mereka yang berasal dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T)," ungkapnya pada Sabtu (5/3/2022).

1. Ini alasan UIN Sunan Kalijaga buka jalur keberagaman

UIN Sunan Kalijaga Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Keberagaman UIN Sunan Kalijaga mempersiapkan diri menyelenggarakan PTM. (Dok. Humas UIN Sunan Kalijaga)

Pembukaan jalur ini sebagai langkah nyata kampus untuk menjaga keberagaman dan kebhinekaan bangsa di tengah banyaknya perbedaan. Al Makin mengungkapkan, kampus UIN Sunan Kalijaga mempunyai sejarah panjang yang sejak dulu berkomitmen pada nilai-nilai keberagaman.

“Kami juga menjadi garda depan dialog antar etnis, budaya dan agama. UIN Sunan Kalijaga memiliki kewajiban untuk menjaga dan merawat perbedaan sebagai sebuah rahmat yang harus disyukuri dan menjadikannya kekuatan untuk kemajuan bangsa,” terangnya.

 

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Peluang Diterima di Kampus Impian, Berjuang, yuk!

2. Menjadi universitas pertama yang buka jalur keberagaman

UIN Sunan Kalijaga Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Keberagaman Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga (uin-suka.ac.id)

Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga, Aulia Faqih menjelaskan, UIN Sunan Kalijaga merupakan universitas pertama dalam lingkup PTKIN yang membuka jalur keberagaman dan 3T. Jalur penerimaan ini termasuk dalam kategori jalur PMB mandiri dan portofolio. Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 18 Maret hingga 5 Mei 2022.

"Kami berharap banyak anak muda dari seluruh wilayah Indonesia mendaftar dan belajar dalam keberagaman di kampus UIN Sunan Kalijaga ini," terangnya.

3. Pengumuman akan dilakukan pada 25 Juli 2022

UIN Sunan Kalijaga Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Keberagaman www.pendis.kemenag.go.id

Sekretaris Admisi, Aris Risdiana mengatakan calon mahasiswa yang mendaftar, alam dilakukan verifikasi berkas mulai 11 sampai dengan 16 Juli 2022. Bagi yang lolos akan diumumkan pada tanggal 25 Juli 2022.

"Admisi UIN Sunan Kalijaga siap melayani dan memberikan informasi terkait PMB bagi masyarakat selama 24 jam melalui Whats App 0817.230.2020. Informasi lengkap dapat diperoleh di laman admisi.uin-suka.ac.id, dan instagram @uinsk atau telepon ke nomor 0274-558254," paparnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya