Comscore Tracker

Swab Sampling SMA, Puluhan Siswa di Sleman Positif COVID-19

Siswa SMA lebih sukar dipantau

Sleman, IDN Times - Puluhan siswa tingkat SMA/sederajat di Kabupaten Sleman diketahui positif COVID-19. Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Cahya Purnama, mengatakan para siswa tersebut diketahui positif COVID-19 setelah pihaknya melakukan swab sampling di kalangan SMA/sederajat pada Rabu (24/11/2021).

Baca Juga: Swab PCR Acak, 46 Siswa dan Guru di Bantul Positif COVID-19

1. 20 siswa terkonfirmasi positif COVID-19

Swab Sampling SMA, Puluhan Siswa di Sleman Positif COVID-19Ilustrasi Swab Test. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Cahya mengungkapkan, dari hasil swab sampling yang dilakukan di sejumlah sekolah, diketahui ada 20 siswa positif COVID-19. Siswa positif tersebut tersebar di SMKN 1 Tempel sebanyak 14 siswa, SMAN 1 Cangkringan ada 2 siswa, SMAN 1 Seyegan ada 2 siswa serta MAN 1 Pakem ada 2 siswa positif.

"Sementara kita sudah koordinasikan dengan Balai Dikmen dan puskesmas wilayah untuk segera tracing di lingkungan dan mengarahkan ke isoter," ungkapnya pada Kamis (25/11/2021).

2. Lebih sulit memantau siswa SMA/sederajat dibandingkan dengan SD/SMP

Swab Sampling SMA, Puluhan Siswa di Sleman Positif COVID-19Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Cahya Purnama. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Cahya, dibandingkan dengan siswa jenjang SD maupun SMP, mobilitas siswa SMA/sederajat lebih sulit untuk dipantau. Berbeda dengan siswa SD/SMP yang mayoritas masih diantar jemput saat hendak mengikuti PTM.

"Ya, kalau setingkat SLTA memang sulit untuk memantau mobilitas dan berkerumunnya, karena sudah mandiri, kalau yang SD dan SMP masih banyak yang dijemput," katanya.

3. Swab sampling SMA/sederajat baru dilakukan minggu ini

Swab Sampling SMA, Puluhan Siswa di Sleman Positif COVID-19Ilustrasi petugas uji swab. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sleman Novita Krisnaeni menjelaskan jika mulai minggu ini pihaknya mulai melakukan swab sampling PTM untuk jenjang SMA/sederajat. Sebelumnya, swab sampling PTM telah dilakukan pada jenjang SD dan SMP. Dari hasil swab sampling pada jenjang SD dan SMP, sejauh ini baru ditemukan dua kasus COVID-19 di satu sekolah. Selebihnya semuanya negatif COVID-19.

"Hanya satu sekolah, di SMP 2 Pakem yang positif, dan tidak ada penyebaran. SD SMP lain hasil negatif semua," paparnya.

Baca Juga: Dinkes Sleman Mulai Gunakan Swab PCR untuk Sampling PTM di Sekolah

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya