Comscore Tracker

Sah! Kustini-Danang Resmi Jabat Posisi Bupati-Wakil Bupati Sleman

Bupati-Wabup Sleman, Bantul, dan Gunungkidul dilantik

Sleman, IDN Times - Kustini Sri Purnomo-Danang Maharsa resmi dilantik sebagai Bupati-Wakil Bupati Sleman yang terpilih lewat Pilkada Sleman 2020.

Pelantikan dilakukan serentak bersama dengan Bupati-Wakil Bupati Bantul dan Gunungkidul di Bangsal Kepatihan, Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (26/2/2021).

Baca Juga: Setelah Pelantikan Bupati Gunungkidul Ingin Beli Mobil Maung   

1. Bupati-Wakil Bupati harus segera membelanjakan APBD

Sah! Kustini-Danang Resmi Jabat Posisi Bupati-Wakil Bupati SlemanKustini-Danang dilantik sebagai Bupati-Wakil Bupati Sleman. Dok: istimewa

Usai dilantik, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, berpesan kepada para Bupati-Wakil Bupati untuk segera membelanjakan APBD maupun Danais Tahun Anggaran 2021. Hal ini agar ekonomi masyarakat bisa segera bangkit setelah sebelumnya terpuruk akibat adanya pandemik COVID-19.

"Jika bermaksud memasukkan program untuk menepati janji Pilkada, setelah dipilah mana yang urgen bagi masyarakat silakan disisipkan pada anggaran perubahan dan pembahasan RKPD tahun anggaran 2025," ungkap Sultan.

2. Bupati harus jadikan Forkopimda ikatan kolektif leadership

Sah! Kustini-Danang Resmi Jabat Posisi Bupati-Wakil Bupati SlemanPelantikan Bupati-Wakil Bupati di DIY. Dok: istimewa

Selain itu, Bupati juga berperan agar menjadikan Forkopimda ikatan kolektif leadership yang berkualitas negarawan. Selain itu juga membuka dialog personal dengan kandidat lain untuk mengadopsi dan mengadaptasi program-programnya yang mungkin bermanfaat bagi segenap masyarakat.

Bukan hanya itu, Gubernur juga berpesan agar pada Bupati-Wakil Bupati bisa mengembangkan penggunaan simbol-simbol budaya dan pendayagunaan simpul-simpul komunikasi secara kreatif.

"Dengan demikian sekaligus menghilangkan sekat sosial guna memperkuat kembali kohesi sosial, dengan merapikan kursi-kursi yang berantakan dan sampah-sampah berserakan pada pesta demokrasi usai," katanya.

3. Diharapkan bisa memanfaatkan dan mengembangkan kekayaan alam

Sah! Kustini-Danang Resmi Jabat Posisi Bupati-Wakil Bupati SlemanPelantikan Bupati-Wakil Bupati di DIY. Dok: istimewa

Sultan juga berpesan agar para Bupati-Wakil Bupati bisa mengembangkan dan memanfaatkan kekayaan alam yang dimilikinya. Di Sleman sendiri memiliki kekayaan alam yang langka, seperti Gunung Api yang memicu minat dan keingintahuan ahli-ahli vulkanologi dunia untuk menguak misterinya. Selain itu karena keberadaan UGM dan UII sebagai universitas negeri dan swasta tertua di Indonesia, di samping banyaknya kampus kampus yang lain menambah daya tarik dari Sleman.

"Dengan pesan seperti itu agar para Bupati dan Wakil Bupati cerdik mengatur skala prioritas agar program-programnya bermanfaat bagi masyarakat," paparnya.

Baca Juga: Besok Dilantik, Kustini Mengaku akan Diantar Mantan Bupati Sleman 

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya