Jadi Tuan Rumah Porda DIY 2022, Ini Persiapan Pemkab Sleman

Apa sajakah persiapan yang dilakukan untuk perhelatan ini?

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman tengah melakukan sejumlah persiapan untuk menggelar Pekan Olahraga Daerah (Porda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2022. Rencananya, Kabupaten Sleman akan menjadi tuan rumah ajang olahraga yang akan digelar pada 1–9 September 2022 ini.

Baca Juga: Hore, Sleman Sediakan Titik Wifi Gratis di 435 Padukuhan

1. Akan ada 45 cabang olahraga yang diperlombakan

Jadi Tuan Rumah Porda DIY 2022, Ini Persiapan Pemkab SlemanIlustrasi cabor atletik (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sleman, Joko Hastaryo, menyebutkan ada 45 cabang olahraga (cabor) yang diperlombakan. Beberapa di antaranya meliputi atletik, olahraga air, beladiri, sepatu roda dan lain-lain.

"Venue nantinya akan tersebar. Terutama di kompleks Pemkab Sleman, Lapangan sepak bola Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Stadion Maguwoharjo," ungkapnya.

2. Pembukaan dan penutupan akan dikemas

Jadi Tuan Rumah Porda DIY 2022, Ini Persiapan Pemkab SlemanKepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo. IDN Times/Siti Umaiyah

Joko menjelaskan, untuk menyukseskan Porda 2022, pihaknya akan berkoordinasi dengan perangkat daerah. Untuk pembukaan dan penutupan Porda, akan dikemas secara unik dengan sentuhan budaya dan pariwisata. 

"Beberapa titik yang akan dijadikan venue pertandingan juga mulai diperbaiki.Misalnya lapangan tembak jarak pendek di Maguwoharjo akan diperbaiki," terangnya.

3. Siapkan 700 atlet

Jadi Tuan Rumah Porda DIY 2022, Ini Persiapan Pemkab SlemanIlustrasi bulu tangkis. (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

Selain persiapan di atas, KONI Sleman juga telah menyiapkan sebanyak 700 atlet untuk menghadapi pertandingan. Adapun atlet-atlet ini akan dilatih, namun belum ditentukan siapa saja yang akan mengikuti pertandingan kejuaraan nantinya, karena seluruh kegiatan di DIY kuotanya hanya 200 atlet.   

Menurut Joko, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, Sleman selalu unggul dengan mengantongi juara pertama dalam cabor bulu tangkis. Selain itu cabor Catur menduduki posisi peringkat dua memenangkan pertandingan pekan olahraga nasional (PON). 

"Untuk Sleman kita memetakan cabor dan kemampuan atlet. Unggulan Sleman, atletik, aquatik atau renang dan bulu tangkis," terangnya.

Baca Juga: Tanggapi Aksi Klitih, Bupati Sleman Nilai Pelaku Kurang Perhatian 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya