Ular Piton Sepanjang 5 Meter Sembunyi di Atap Dapur Warga Bantul 

Selama tahun 2022, BPBD Bantul evakuasi 210 ular

Bantul, IDN Times - ‎Ular jenis piton dengan panjang sekitar lima meter berada di atap rumah warga di Padukuhan Jagan RT 003, Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan.

Ular tersebut bersembunyi di atas dapur milik warga, dan dievakuasi Petugas Pemadam Bencana Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul pada Jumat (23/12/2022).

1. Warga melihat ular piton bersembunyi

Ular Piton Sepanjang 5 Meter Sembunyi di Atap Dapur Warga Bantul Ular piton sembunyi di atap dapur.(Dok.BPBD Bantul)

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, BPBD Bantul, Irawan Kurnianto mengatakan evakuasi ular piton dilakukan saat warga melapor melihat ular bersembunyi di atap rumah.

"Awalnya istri dari Pak Ismanto, pemilik rumah melihat adanya ular yang berada di atap rumah bagian dapur. Kemudian melaporkan ke petugas pos Damkar Kasihan. Selanjutnya anggota bergegas menuju rumah Pak Ismanto dengan membawa alat penyelamatan hewan," katanya.

2. Proses evakuasi ular butuh waktu 30 menit‎

Ular Piton Sepanjang 5 Meter Sembunyi di Atap Dapur Warga Bantul Evakuasi ular piton sembunyi di atap.(Dok.BPBD Bantul)

Evakuasi ular menggunakan alat pelindung diri serta stik ular. Proses evakuasi berjalan sekitar 30 menit. "Ya sekitar 30 menit, ular berhasil dievakuasi petugas," ungkapnya.

Proses evakuasi ular berjalan dengan lancar sebab ular jenis ini tidak memiliki bisa yang berbahaya. "Setelah berhasil dievakuasi ular selanjutnya diminta warga untuk dipelihara, panjangnya hampir lima meter," katanya.

Baca Juga: Musim hujan, BPBD Bantul Minta Masyarakat Waspadai Ular

3. Pohon rindang di belakang dapur menjadi tempat aman persembunyian ular

Ular Piton Sepanjang 5 Meter Sembunyi di Atap Dapur Warga Bantul Evakuasi ular piton di rumah warga.(Dok.BPBD Bantul)

Ular piton bersembunyi di atap dapur di rumah warga diduga berasal dari bagian belakang dapur yang banyak terdapat pohon perindang. 

"Biasaya ular kan mencari tempat yang rimbun dan jarang disentuh orang untuk tempat sembunyi yang nyaman," tuturnya.

Selama tahun 2022, menurut Irawan, pihak telah mengevakuai sebanyak 210 ular, biawak sebanyak 42 kali, kucing 50 kali, monyet sekali, anjing satu kali dan hamster satu kali.‎ 

Baca Juga: Damkar Bantul Temukan Ular Sanca Sepanjang 3 Meter di Kandang Ayam  

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya