RSUD Bantul Siapkan Bangsal Khusus Antisipasi Lonjakan Covid-19 

RSUD Bantul rawat 5 pasien Covid-19

Bantul, IDN Times - ‎RSUD Panembahan Senopati, Kabupaten Bantul bersiap mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus COVID-19 saat libur hingga pasca Lebaran. 

1. Siapkan 30 persen ruang rawat inap untuk tangani pasien COVID-19‎

RSUD Bantul Siapkan Bangsal Khusus Antisipasi Lonjakan Covid-19 Direktur RSUD Panembahan Senopati, Kabupaten Bantul, dr. Atthobari (tengah).(IDN Times/Daruwaskita)

Direktur RSUD Panembahan Senopati, Kabupaten Bantul, dr. Atthobari mengatakan menyiapkan 30 persen ruang rawat inap untuk mengantisipasi lonjakan COVID-19.

"Ini sesuai Surat Edaran dari Kementerian Kesehatan RI. Nanti kita akan gunakan ruangan atau bangsal khusus untuk isolasi (bangsal Bima Baladewa), jika nantinya terjadi lonjakan COVID-19," katanya, Jumat (14/4/2023).

2. Siapkan ruangan inap lainnya jika ada lonjakan kasus COVID-19

RSUD Bantul Siapkan Bangsal Khusus Antisipasi Lonjakan Covid-19 RSUD Panembahan Senopati Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Pria yang akrab disapa Gus Atok ini mengaku pihaknya juga menyiapkan bangsal lainnya,  termasuk tenaga medis yang nantinya akan merawat para pasien COVID-19.

"Dengan pengalaman penanganan COVID-19 seluruh fasilitas dan SDM siap untuk menangani kasus jika terjadi lonjakan COVID-19," ucapnya.

Baca Juga: 2 Kelompok Remaja Tawur di Ring Road Banguntapan Bantul Usai Bukber

3. Ada 5 pasien COVID-19 yang menjalani perawatan

RSUD Bantul Siapkan Bangsal Khusus Antisipasi Lonjakan Covid-19 Direktur RSUD Panembahan Senopati, Kabupaten Bantul, dr. Atthobari (tengah).(IDN Times/Daruwaskita)

Atthobari mengatakan hingga saat ini rumah sakit masih merawat lima pasien COVID-19 dengan gejala ringan, sedangkan satu pasien merupakan suspect COVID-19.

"Para pasien ini positif COVID-19 setelah menjalani screening saat akan menjalani rawat inap. Pasien ini punya gejala lain, karena akan rawat inap kemudian dilakukan tes dan hasilnya positif COVID-19," pungkasnya.‎

Baca Juga: Pura-pura Jadi Badut Residivis Bobol 3 Rumah Makan di Bantul  

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya