Tukar Uang untuk Lebaran, Bank Indonesia DIY Siapkan Rp5,3 Triliun 

Kanal digital pendaftaran penukaran disiapkan

Yogyakarta, IDN Times - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan uang kartal sebesar Rp5,3 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang layak edar di wilayah DIY selama periode Ramadan dan Idulfitri 2023. Jumlah tersebut meningkat sebesar 23 persen dibanding momen Ramadan tahun lalu sebesar Rp4,2 triliun.

"Antisipasi kenaikan ini mempertimbangkan pencabutan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilitas masyarakat," kata Kepala BI DIY, Budiharto Setyawan, saat kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2023 dengan tagline 'Serambi Rupiah Ramadan: Belanja Bijak' di Kantor BI DIY, Selasa (21/3/2023).

1. Pemesanan penukaran bisa secara daring

Tukar Uang untuk Lebaran, Bank Indonesia DIY Siapkan Rp5,3 Triliun Kepala BI DIY, Budiharto Setyawan. (Istimewa/BI DIY).

Budiharto Setyawan menambahkan untuk memastikan ketersediaan uang yang berkualitas dan layak edar, BI DIY melakukan tiga strategi utama. Pertama, mendistribusikan uang rupiah sebelum memasuki bulan Ramadan. Kedua, melakukan kegiatan kas keliling dengan menjangkau masyarakat di wilayah DIY, menggunakan sarana digital yaitu pemesanan layanan penukaran uang sebesar Rp3,8 juta per orang (pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000 masing-masing 1 pak/100 lembar) melalui aplikasi Pintar, yaitu https://pintar.bi.go.id.

Selain kas keliling kepada masyarakat, kata Budiharto Setyawan, BI DIY juga mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Penarikan Uang Lusuh dan Optimalisasi Pengedaran Uang Koin (SIPUL-OPUK) yang dapat diakses melalui https://sipulopuk.com. Guna memperluas jangkauan uang Rupiah kepada masyarakat, BI DIY bekerja sama dengan perbankan DIY dengan membuka layanan penukaran melalui loket perbankan dan juga membuka layanan kas keliling bersama yang terbesar di berbagai titik. "Pada Ramadan 2023, titik lokasi penukaran terdiri dari Kas keliling BI 9 titik, kas keliling bersama 12 titik, dan loket penukaran perbankan 49 titik, sehingga secara total tersebar di 70 titik lokasi," katanya.

2. BI dorong penukaran di tempat yang resmi

Tukar Uang untuk Lebaran, Bank Indonesia DIY Siapkan Rp5,3 Triliun Kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023 dengan tagline 'Serambi Rupiah Ramadan: Belanja Bijak' di Kantor BI DIY, Selasa (21/3/2023). (Istimewa/BI DIY).

Menurut Budiharto Setyawan, hal ketiga yang ditekankan BI DIY yaitu mengimbau agar masyarakat melakukan penukaran uang pada tempat yang resmi. Hal tersebut guna menjamin keaslian dan kualitas uang rupiah.

"BI DIY mengajak masyarakat untuk senantiasa mengenali ciri-ciri keasilan rupiah, merawat uang rupiah sebagai bentuk Cinta Rupiah, menjaga rupiah yang merupakan simbol kedaulatan negara sebagai bentuk Bangga rupiah, dan mengenal fungsi fungsi rupiah dalam konteks mendorong aktivitas perekonomian sebagai bentuk paham rupiah," kata Budiharto.

Dengan memaknai Cinta Bangga Paham Rupiah diharapkan masyarakat dapat menggunakan uang Rupiah dengan berbelanja secara bijak, sehingga dapat menjaga inflasi yang disebabkan dari kenaikan harga pokok.

Baca Juga: 6 Film Cocok Ditonton Saat Ramadan, Bisa Jadi Teman Ngabuburit!

3. Transaksi non tunai dioptimalkan

Tukar Uang untuk Lebaran, Bank Indonesia DIY Siapkan Rp5,3 Triliun Kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023 dengan tagline 'Serambi Rupiah Ramadan: Belanja Bijak' di Kantor BI DIY, Selasa (21/3/2023). (Istimewa/BI DIY).

BI juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan transaksi pembayaran secara non tunai, di antaranya QRIS, memperluas kepesertaan BI FAST termasuk kanal layanan dan akseptasi masyarakat, serta mendorong Penyedia Jasa Pembayaran PJP untuk mempersiapkan infrastruktur guna menghadapi peningkatan transaksi di bulan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H.

Kick Off Serambi 2023 diikuti dengan seremonial penandatanganan komitmen antara BI DIY dengan seluruh perbankan yang hadir untuk mengakomodir pendistribusian Rupiah yang efisien menjelang Ramadan dan Idulfitri 2023. "Diharapkan dengan adanya Serambi 2023, dapat semakikn mengoptimalkan pengelolaan uang rupiah menjelang hari raya melalui ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya dengan layanan kas prima," ujar Budiharto.

Baca Juga: Banjir Cuan, Berikut 5 Ide Bisnis di Bulan Ramadan  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya