Comscore Tracker

Gara-Gara PMK, Produksi Susu Sapi di Kabupaten Sleman Turun

Sleman akan diberi vaksin PMK dari pemerintah pusat

Sleman, IDN Times - Sebanyak 252 sapi perah di Kabupaten Sleman terserang Penyakit Mulu dan Kuku (PMK). Akibatnya, produksi susu di wilayah tersebut terpengaruh.

"Dari total 2.804 populasi sapi perah di Sleman, yang terkena PMK sebanyak 252 sapi dan dampaknya produksi susu langsung menurun dari sebelumnya 7.664,75 liter menjadi 6.363,50 liter per hari," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman Suparmono, Kamis (23/6/2022).

 

1. Prioritas vaksin PMK diberikan ke sapi perah

Gara-Gara PMK, Produksi Susu Sapi di Kabupaten Sleman TurunIlustrasi Peternakan Sapi Perah (IDN Times/Shemi)

Menurut Suparmono, untuk tahap pertama penyuntikan vaksin PMK di Sleman, diprioritaskan untuk ternak sapi perah. Penyuntikan perdana rencananya dilakukan di Kelurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan.

"Rencananya Sabtu (25/6/2022) pagi akan dilangsungkan penyuntikan vaksin PMK perdana di Glagaharjo. Karena di wilayah lereng Merapi ini populasi sapi perah cukup tinggi," ujarnya.

Ia mengatakan, sapi perah menjadi prioritas penyuntikan vaksin PMK, karena jika terkena serangan virus, produksi susu sapi mengalami penurunan signifikan.

2. Sleman akan diberi 3.300 dosis vaksin PMK

Gara-Gara PMK, Produksi Susu Sapi di Kabupaten Sleman TurunCamat Cangkringan, Suparmono. IDN Times/Siti Umaiyah

Suparmono menjelaskan Kabupaten Sleman, akan menerima bantuan sebanyak 3.300 dosis vaksin PMK dari pemerintah pusat guna penanganan wabah penyakit yang menyerang hewan ternak berkuku genap di wilayah itu.

"Berdasarkan informasi yang diterima, pada Kamis (23/6/2022) sore ini, vaksin dimungkinkan telah sampai di Pemda DIY. Kabupaten Sleman pada tahap pertama ini, mendapat alokasi vaksin PMK sebanyak 3.300 dosis," katanya dikutip Antara. 

Baca Juga: Reagen Minim, Ternak Suspek PMK di Sleman Dianggap Positif

Baca Juga: 5 Jalur Bersepeda di Sleman, Bikin Lelahmu Terbayarkan!

3. Penyuntikan PMK pada ternak mirip vaksinasi COVID-19

Gara-Gara PMK, Produksi Susu Sapi di Kabupaten Sleman TurunSapi perah di Kandang Singlar. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Pelaksana tugas Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DP3 Kabupaten Sleman Nawangwulan mengatakan penyuntikan vaksin PMK pada ternak hampir mirip dengan vaksinasi COVID-19. Satu ternak bakal mendapat suntikan vaksin sebanyak tiga kali.

"Vaksin pertama, vaksin kedua dan kemudian vaksin penguat (booster)," ujarnya.

Ia menambahkan telah mulai menyiapkan vaksinator yang diambil dari petugas medis dan paramedis di tiap puskeswan dan akan dibantu oleh tenaga penyuluh maupun inseminator.

"Sebelum pelaksanaan penyuntikan, akan ada pelatihan dari Balai Besar Veteriner (BBVet)," katanya.

Menurut dia, vaksinasi PMK pada ternak ini melibatkan banyak petugas, bukan hanya sekadar melakukan penyuntikan saja. Tetapi, membutuhkan input data yang meliputi data pemilik maupun identitas ternak seperti usia dan jenis. "Satu ternak nantinya membutuhkan sedikitnya tiga petugas, yakni petugas medis, paramedis dan petugas input data," katanya.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya