Sungai Jaran Meluap, 2 Padukuhan di Kulon Progo Kebanjiran

Dua padukuhan jadi langganan luapan sungai Jaran

Kulon Progo, IDN Times - ‎Sungai Jaran di Padukuhan Jatingaran Lor dan Jatingaran Kidul, Kalurahan Jatisarono, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo meluap pada Minggu (13/2/2022) malam. Luapan tersebut menyebabkan ternak dan puluhan rumah warga terendam air.

Baca Juga: Masuk Talut, Bus PO Maju Lancar Terguling di Gunungkidul

1. Sungai Jaran mulai meluap sekitar pukul 19.00 WIB

Sungai Jaran Meluap, 2 Padukuhan di Kulon Progo KebanjiranSungai jaran di Kulon Progo rendam puluhan rumah warga.(doc.Polres Gunungkidul)

Kasi Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulon Progo, Edi Wibowo, mengatakan hujan lebat yang terjadi pada pukul 16.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB menyebabkan sungai Jaran meluap sekitar pukul 18.00 WIB.

"Sekitar pukul 18.00 WIB sungai Jaran mulai meluap dan menerjang Padukuhan Jatingaran Lor dan Jatingaran Kidul," ujarnya, Senin (14/2/2022).

2. Belasan rumah terendam akibat luapan sungai Jaran‎

Sungai Jaran Meluap, 2 Padukuhan di Kulon Progo KebanjiranSungai jaran di Kulon Progo rendam puluhan rumah warga.(doc.Polres Gunungkidul)

Edi mengatakan, rumah warga di Padukuhan Jatingaran Kidul yang parah terendam air antara 50-100 sentimeter berada di RT 50. Daerah tersebut kebetulan berupa cekungan atau dataran rendah.

"Ada 11 rumah di RT 50 yang terendam air," ungkapnya.

Sementara untuk Padukuhan Jatingaran Lor yang terdampak luapan sungai Jaran yakni RT 44 dan RT 45 dengan ketinggian air antara 50-100 sentimeter. 

"19 rumah terendam air akibat luapan sungai Jaran," terangnya.

Sekitar pukul 19.00 WIB, Polsek Nanggulan bersama BPBD dan unsur relewan lainnya melakukan evakuasi warga yang rumahnya terendam air ke daerah yang lebih tinggi atau aman.

"Sebagian besar warga mengungsi di rumah saudaranya yang aman dari luapan sungai Jaran," katanya.

3. Luapan sungai Jaran mulai mereda pada pukul 21.30 WIB‎

Sungai Jaran Meluap, 2 Padukuhan di Kulon Progo KebanjiranSungai jaran di Kulon Progo rendam puluhan rumah warga.(doc.Polres Gunungkidul)

Menurut Edi, sekitar pukul 21.30 WIB luapan air sungai Jaran mulai mereda. Warga yang rumahnya terdampak ringan mulai kembali ke kediaman masing-masing untuk membersihkan huniannya dari material yang dibawa oleh luapan sungai.

Sementara warga yang rumahnya terdampak cukup parah masih mengungsi di tempat yang aman.

"Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, maupun luka berat atau ringan," ungkapnya.

Meski tak menimbulkan korban jiwa, maupun luka ringan hingga luka berat, namun luapan sungai Jaran menyebabkan sejumlah ternak milik warga hanyut terbawa luapan air sungai. Selain itu, ada tembok milik warga yang roboh.‎

"Sampai saat ini kerugian material masih dalam pendataan," katanya.

Edi mengatakan, Padukuhan Jatingaran Lor dan Jatingaran Kidul memang merupakan daerah langganan terdampak luapan sungai Jaran ketika terjadi hujan lebat.‎

Baca Juga: Muncul Klaster Nikahan di Kulon Progo, Belasan Orang Positif

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya