Comscore Tracker

Seniman Hingga Pelestari Cagar Budaya di Bantul Dianugerahi Pin Emas

Agar seniman dan budayawan terus berkarya‎

Bantul, IDN Times – Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Kebudayaan Bantul memberikan penghargaan kepada 15 seniman dan budayawan di Bumi Projotamansari berupa pin emas seberat 5 gram dan uang pembinaan sebesar Rp10 juta per orang.

Pemberian penghargaan kepada seniman dan budayawan ini dibagi dalam 3 kategori yaitu kategori seniman atau budayawan, kategori pelestari adat atau tradisi, serta kategori pelestari cagar budaya.

1. Bentuk apresiasi Pemkab Bantul‎ kepada seniman dan budayawan

Seniman Hingga Pelestari Cagar Budaya di Bantul Dianugerahi Pin EmasIDN Times/Daruwaskita

Kepada Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Nugroho Eko Setyono mengatakan anggaran untuk pemberian penghargaan kepada seniman dan budayawan, pelestari adat atau tradisi serta pelestari cagar budaya tahun 2019 semuanya bersumber dari Dana Keistimewaan DI Yogyakarta.

Penghargaan ini, kata Nugroho, merupakan salah satu bentuk apresiasi yang diberikan kepada seniman dan budayawan, pelestari adat atau tradisi dan pelestari cagar budaya ini merupakan bentuk apresiasi dari Pemkab Bantul karena telah berupaya melestarikan budaya secara mandiri.

"Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi sendiri bagi seluruh seniman dan budayawan, pelestari adat atau tradisi dan pelestari cagar budaya untuk melanjutkan pengabdian serta usahanya dalam mengembangkan dan melestarikan budaya di Bumi Projotamansari," katanya di sela-sela pemberian penghargaan di ruang kerja Bupati Bantul, Kamis (19/9).

Baca Juga: PKB Bantul Desak Pemkab Setop Pembangunan Jalan Bantul

2. Siap rayu Gubernur DIY untuk mendapatkan tambahan Dana Keistimewaan‎

Seniman Hingga Pelestari Cagar Budaya di Bantul Dianugerahi Pin EmasIDN Times/Nindias Khalika

Sementara itu Bupati Bantul, Suharsono dalam sambutannya berharap para seniman, budayawan, pelestari adat dan cagar budaya untuk terus bekerja melestarikan kesenian, tradisi dan cagar budaya yang ada di Kabupaten Bantul.

"Kita itu punya Kampus ISI (Institut Seni Indonesia) dan merupakan gudangnya seniman di Bantul sehingga ke depannya para seniman dan budayawan ini bisa berkolaborasi dengan mahasiswa atau dosen ISI untuk terus melestarikan budaya di Kabupaten Bantul," ungkapnya.

Mantan perwira menengah Polda Banten ini mengaku siap untuk "merayu" Gubernur DI Yogyakarta agar dana keistimewaan (danais) untuk Kabupaten Bantul terus ditambah karena dana keistimewaan tidak saja untuk kegiatan seni dan budaya namun bisa untuk membangun infrastruktur agar seni dan budaya di Bantul terus berkembang.

"Namun kalau dapat Danais misalnya Rp100 miliar ya harus dihabiskan. Jangan sampai hanya terserap kurang dari separuhnya," ujarnya.

3. Penghargaan ini menjadi tugas berat bagi seniman untuk terus berkarya‎

Seniman Hingga Pelestari Cagar Budaya di Bantul Dianugerahi Pin EmasIDN Times/Daruwaskita

Sementara salah satu seniman penerima penghargaan Bondan Nusantara memberikan apresiasi kepada Pemkab Bantul yang peduli dengan para seniman dan budayawan di Kabupaten Bantul. Ia mengaku baru kali ini mendapatkan penghargaan berupa pin dari emas dan uang pembinaan

"Biarpun ini dari Danais milik provinsi namun niat dari Pemkab Bantul patut diberi apresiasi karena sebelumnya seniman dan budayawan paling banter terima sertifikat saja," ungkapnya.

Seniman senior ketoprak di Yogyakarta ini mengaku bahwa penghargaan kepada dirinya bukanlah untuk dirinya sendiri namun juga bentuk dukungan dan penghargaan teman-teman dan sahabat yang berkesenian ketoprak, termasuk para guru-guru yang saat mungkin sudah meninggal dunia sehingga menjadi tanggung jawab yang besar untuk melestarikan kesenian ketoprak.

"Penghargaan ini menjadikan sebuah tanggung jawab besar bagi diri saya untuk terus berkarya dibidang seni budaya khususnya kesenian ketoprak," ujar seniman yang mengajar di SMKI Kasihan ini.

4. Berikut penerima penghargaan seniman dan budayawan tahun 2019

Seniman Hingga Pelestari Cagar Budaya di Bantul Dianugerahi Pin EmasIDN Times/Daruwaskita

Kategori Seniman/Budayawan

1. Sarno SH (Seniman Dagelan)
2. Yuriah (Seniwati Kethoprak)
3. Daru Maheldaswara (Seniman Teater)
4. Bondan Nusantara (Seniman Ketoprak)
5. Alm. Ki Timbul Hadiprayitno (Seniman Dalang)

Kategori Pelestari Adat/Tradisi

1. Upacara adat Kupatan Jolosutro
2. Upacara adat Merti Bumi Surocolo
3. Upacara Adat Tri Dusun Dodogan
4. Upacara Adat Nyadranan Makam Sewu
5. Upacara Adat Nguras Enceh

Kategori Pelestari Cagar Budaya

1. Masjid Giriloyo, Imogiri
2. Rumah tradisional Bapal Kumara, Sanden
3. Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjutan, Bambalipuro
4. Situs Gunung Kelir, Pleret
5. Ruma Jogli Bu Mulatinah, Pajangan‎

Baca Juga: 3 Ton Bawang Merah Ludes Diborong ASN Pemkab Bantul

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You