Korupsi Stadion Sultan Agung, JCW : Jangan Berhenti hanya 1 Tersangka

Tindak korupsi tidak mungkin dilakukan sendiri saja

Bantul, IDN Times - ‎Kejaksaan Negeri Bantul menahan satu ASN Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora Bantul) dalam kasus korupsi pengadaan barang dan jasa perawatan Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul.

Bagus Nur Wijaya ditetapkan sebagai tersangka korupsi uang APBD Bantul tahun 2020-2021 lalu.

1. Desak Kejari Bantul tidak berhenti pada satu tersangka

Korupsi Stadion Sultan Agung, JCW : Jangan Berhenti hanya 1 TersangkaHumas JPW DIY, Baharuddin Kamba. (IDN Times/Febriana Sinta)

Jogja Corruption Watch turut (JCW) meminta Kejari Bantul tidak berhenti pada satu tersangka saja. namun perlu didalami keterlibatan pihak lain dalam kasus yang menjerat tersangka Bagus Nur Wijaya.

"Sangat kecil kemungkinan tersangka hanya bermain sendiri tanpa dibantu orang lain terutama di lingkungan Disdikpora Bantul," kata aktivis JCW, Baharuddin Kamba, Jumat (5/5/2023).

2. Kawal kasus hingga di Pengadilan Tipikor Yogyakarta‎

Korupsi Stadion Sultan Agung, JCW : Jangan Berhenti hanya 1 TersangkaIlustrasi palu ketua majelis hakim.Unsplash/rawpixel

JCW ujar Kamba akan mengawal kasus dugaan korupsi perawatan SSA hingga tuntas. "Kami akan kawal kasus ini hingga nantinya dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor Yogyakarta," katanya.‎

3. Berawal dari nota fiktif pembelian alat perawatan

Kasus yang menjerat Bagus Nur Edi Wijaya mencuat sejak Juni 2022 setelah Kejari Bantul mendapat informasi dugaan penyimpangan proses pengadaan barang dan jasa perawatan Stadion Sultan Agung yang dikelola oleh Disdikpora Bantul pada anggaran belanja langsung tahun 2020-2021. Setelah menemukan bukti kuat, Kejari Bantul meningkatkan kasus ke tahap penyidikan sejak akhir bulan Agustus 2022.

Nota fiktif digunakan membeli peralatan kebersihan. Setelah ditelusuri, pemilik toko yang tertera dalam nota tidak merasa menjual barang ke Disdikpora. Selain itu terdapat nota yang nominalnya tidak sesuai. 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya