Gelombang Pasang Terjang Pantai Selatan Bantul 4 Hari ke Depan

Wisatawan diminta lebih waspada

Bantul, IDN Times - ‎SAR Satlinmas Wilayah IV Kabupaten Bantul yang meliputi Pantai Samas hingga Pantai Pandansimo meminta wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan untuk lebih hati-hati dengan gelombang pasang. Fenomena alam ini diperkirakan terjadi hingga empat hari depan.

1. Gelombang pasang tertinggi terjadi pada hari ini‎

Gelombang Pasang Terjang Pantai Selatan Bantul 4 Hari ke DepanGelombang pasang di Pantai Depok. (IDN Times/Daruwaskita)

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul, Nugroho, mengatakan sesuai dengan ramalan, gelombang pasang akan terjadi hingga empat hari ke depan. Namun, gelombang pasang cukup tinggi terjadi pada hari ini.

"Siang hari tadi gelombang cukup tinggi dan gelombang pasang akan tinggi kembali pada malam hari ini," katanya, Selasa (30/8/2022).

"Yang jelas wisatawan yang akan berlibur ke pantai untuk lebih wasdapa dengan terjangan gelombang pasang saat berada di pantai," tambahnya lagi.

Baca Juga: Tiap Tahun Terjadi  Gelombang Tinggi, Kerusakan Pantai Bantul Meluas  

2. Aktivitas melaut dan menjaring eret di pinggiran pantai libur‎

Gelombang Pasang Terjang Pantai Selatan Bantul 4 Hari ke DepanIlustrasi nelayan melaut. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Nugroho mengatakan, gelombang pasang juga menyebabkan nelayan tidak melaut. Apalagi, saat ini baru musim paceklik ikan sehingga nelayan juga jarang turun melaut agar tak merugi.

"Tangkapan ikan sedang susah, kalaupun ada hanya dengan jaring kendengan saja atau memancing di tengah laut," ucapnya.

Selain nelayan tak melaut gelombang pasang ini juga menyebabkan aktivitas menjaring eret dari tepian pantai juga tidak dilakukan oleh nelayan. Padahal saat ini, kata Nugroho sudah muncul ikan langon yang beratnya bisa mencapai belasan kilogram.

"Saat musim kemarau dan suhu air laut dingin biasanya muncul ikan langon. Sejumlah nelayan yang melakukan aktivitas menjaring eret saat malam hari sudah ada yang berhasil menjaring ikan langon dengan berat belasan kilogram," terangnya.

3. Tim SAR ingatkan wisatawan untuk waspada terjangan gelombang pasang‎

Gelombang Pasang Terjang Pantai Selatan Bantul 4 Hari ke DepanIlustrasi pengunjung Pantai Parangtritis, Bantul. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Sementara Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III Bantul, Muhammad Arief Nugraha, membenarkan adanya fenomena gelombang pasang yang berlangsung saat siang hari dan malam.

"Beberapa hari ke depan memang ada potensi gelombang pasang seperti dalam prediksi yang dikeluarkan oleh BMKG," ucapnya.

Gelombang pasang kata pria yang akrab disapa Inu lebih banyak ditujukan kepada nelayan yang akan melaut. Sedangkan untuk wisatawan jika melihat adanya gelombang pasang dipastikan akan menjauh dari bibir pantai.

"Kita juga memberikan peringatan kepada wisawatan agar tidak mandi di laut atau menjauh dari bibir pantai karena potensi gelombang pasang terjadi terutama saat siang hari (pasang laut)," katanya.‎

Baca Juga: Festival Layangan dan Sunset Run Dongkrak Ribuan Wisatawan ke Bantul  

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya