6 Bulan 'Puasa', Nelayan Pansela Bantul Mulai Kembali Melaut

Hasil tangkapan ikan belum sesuai harapan nelayan

Bantul, IDN Times - ‎Setelah enam bulan puasa melaut, aktivitas para nelayan di kawasan pantai selatan (pansela) Kabupaten Bantul kembali bergeliat. Sebagian dari mereka mulai melaut bersamaan dengan datangnya musim penghujan.

1. Sejumlah nelayan di Pantai Baru sudah kembali turun melaut‎

6 Bulan 'Puasa', Nelayan Pansela Bantul Mulai Kembali MelautNelayan di Pantai Baru Bantul.(IDN Times/daruwaskita)

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah IV, Bantul, Nugroho, mengatakan sejumlah nelayan di Pantai Baru sudah mulai kembali beraktivitas menjaring ikan di tengah laut. Hal ini sudah terjadi selama satu pekan terakhir.

"Ada ada lima hingga tujuh perahu nelayan yang mulai melaut sejak satu pekan terakhir ini," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga: Desa Wisata Jamu Kiringan Bantul Masih Terkendala Bahan Baku

2. Hasil tangkapan belum sesuai harapan

6 Bulan 'Puasa', Nelayan Pansela Bantul Mulai Kembali MelautIlustrasi nelayan. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Menurut Nugroho, nelayan yang sudah mulai melaut baru nelayan di Pantai Baru atau Pantai Kuwaru, sedangkan nelayan di Pantai Samas saat ini belum kembali beraktivitas.

"Yang paling aktif nelayan di wilayah SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul baru nelayan di Pantai Baru dan Kuwaru," ujarnya.

Keengganan nelayan untuk turun melaut disebabkan tangkapan ikan belum bagus. Di sisi lain, ketika musim penghujan banyak sampah di laut, terutama di lokasi kapal menebarkan jaring ikan. "Ya dapat ikannya sedikit, justru panen sampah," ucap Nugroho.

Nugroho menjelaskan sebagian nelayan yang akan turun melaut juga berpikir ulang jika hujan lebat turun disertai angin. Sebab, cuaca semacam ini sangat membahayakan bagi perahu tempel atau jukung.

"Biasanya kalau pagi sudah hujan lebat, nelayan enggan melaut. Apalagi musim ikan belum datang," ucapnya.

3. Nelayan di Pantai Samas lebih memilih panen cabai merah besar lahan pasir‎

6 Bulan 'Puasa', Nelayan Pansela Bantul Mulai Kembali MelautSalah satu nelayan Pantai Samas, Tri Jarwanto sedang memanaskan mesin kapal tempel.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara, salah satu nelayan di Pantai Samas, Rujito, mengatakan hingga saat ini nelayan di Pantai Samas belum ada yang kembali beraktivitas menangkap ikan di laut. Kondisi cuaca yakni hujan lebat dan angin kencang menyebabkan nelayan berpikir dua kali untuk turun melaut.

"Ditambah tangkapan ikan yang tak menentu karena belum musimnya ikan menyebabkan nelayan memilih untuk mempersiapkan kapal dan jaring ketika nanti sewaktu-waktu turun melaut," ujarnya.

Pria yang disapa akrab Mbah Duwur ini mengaku satu atau dua nelayan yang merupakan pendatang dari Cilacap Jawa Tengah terkadang nekat turun melaut. Namun, hasilnya tak menutup biaya operasional.

"Sementara nelayan asli Pantai Samas saat ini sedang fokus panen cabai merah besar yang harganya cukup bagus sehingga kegiatan melaut untuk sementara berhenti," ucapnya.

"Para nelayan di Pantai Samas ini banyak yang memiliki lahan pasir yang ditanami cabai merah besar dan saat ini musimnya panen. Sehingga fokus ke pertanian dulu," tambahnya.‎

Baca Juga: 10 Hari Operasi Zebra di Bantul, 5.672 Pengendara Langgar Aturan 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya