XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Data di DIY saat Libur Lebaran

Optimalkan layanan selama libur Lebaran

Yogyakarta, IDN Times - Jaringan data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng) telah siap menghadapi lonjakan trafik menjelang mudik dan masa libur panjang Lebaran. Total jaringan 4G XL Axiata di DIY telah menjangkau lebih dari 420 desa/kelurahan, 7 kecamatan, dan 5 kota/kabupaten.

Dari total sekitar 1,1 juta pelanggan data di DIY, 91 persen merupakan pelanggan data. Pertumbuhan trafik data sendiri dalam dua tahun terakhir telah mencapai 51 persen untuk DIY.

1. Diprediksi peningkatan pesat selama libur lebaran

XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Data di DIY saat Libur LebaranIlustrasi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) (dok. IDN Times).

Pj Group Head XL Axiata untuk area DIY dan Jateng, Arif Farhan Budiyanto, mengatakan sama seperti tahun-tahun sebelumnya, XL Axiata memperkirakan permintaan terhadap layanan data akan mengalami peningkatan yang pesat. Ini terjadi hampir merata di seluruh kota dan kabupaten yang tersebar di provinsi DIY.

"Selain meningkatkan kapasitas, kami pun melakukan optimalisasi jaringan dengan melihat pola mobilitas pelanggan dan masyarakat pada periode libur lebaran yang tidak lama lagi. Kami juga telah memastikan ketersediaan produk unggulan terpilih di seluruh saluran distribusi, khususnya di toko-toko pulsa yang mudah dijangkau masyarakat,” kata Arif, Rabu (19/4/2023).

2. Peningkatan trafik di sejumlah kabupaten

XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Data di DIY saat Libur LebaranPT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data guna menghadapi masa libur panjang Lebaran tahun ini. (IDN Times/Istimewa).

Arif menambahkan, secara rutin, perusahaan terus meningkatkan kualitas layanan di seluruh kota dan kabupaten yang tersebar di kedua provinsi ini. XL Axiata memperkirakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, peningkatan trafik secara signifikan akan terjadi di beberapa kabupaten, untuk wilayah DIY seperti Gunungkidul 44 persen, Kulon Progo 34 persen, dan Bantul 21 persen.

"Untuk menjamin kemampuan jaringan dalam menampung lonjakan trafik nantinya, sejumlah langkah strategis telah XL Axiata siapkan, antara lain melalui penambahan kapasitas dibandingkan hari normal biasanya, hingga penerapan teknologi baru," ujarnya. 

XL Axiata pun menyesuaikan pada tren penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik, dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran nantinya. Selain itu, rampungnya pembangunan infrastruktur jalan tol baru yang menghubungkan beberapa ruas di DIY dan Jawa Tengah turut menjadi perhatian perusahaan.

Baca Juga: Ini Solusi Jika Pulsa XL dan AXIS Terpotong Konten Berbayar

3. Mengoptimalkan jaringan

XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Data di DIY saat Libur LebaranIlustrasi aplikasi XL Axiata (dok. XL Axiata)

Hingga akhir Desember 2022, total BTS di seluruh DIY dan Jateng terdapat lebih dari 15.500 BTS dengan mayoritas BTS 4G. Pembangunan jaringan baru dan fiberisasi akan terus berlanjut di sepanjang tahun 2023 ini dan tahun-tahun ke depannya.

Dalam dua tahun terakhir, penambahan BTS 4G oleh XL Axiata di wilayah DIY dan Jateng terus gencar dilakukan, termasuk penambahan yang tersebar antara lain di Bantul sebanyak 235 BTS, Gunung Kidul lebih dari 170 BTS, Kulon Progo sekitar 160 BTS, Kota Semarang sekitar 650 BTS, Banyumas lebih dari 450 BTS, dan Grobogan 385 BTS. Penambahan ini disesuaikan dengan tingginya kebutuhan data yang terus meningkat di area tersebut.

Beberapa titik yang diperkirakan akan mengalami peningkatan trafik penggunaan layanan data sepanjang libur lebaran adalah Kota Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Tawangmangu, kawasan sekitar Candi Borobudur, Prambanan, pantai-pantai di Gunungkidul, Pantai Parangtritis, dataran tinggi Dieng, wisata air panas Guci di Tegal, hingga kawasan wisata Batu Raden di Banyumas.

Untuk pusat keramaian, seperti biasanya akan terjadi peningkatan di pusat-pusat ibadah seperti masjid agung, pusat perbelanjaan, alun-alun, terminal bus, stasiun kereta api, bandara,  hingga sepanjang jalan arteri non tol dan tol yang menghubungkan daerah-daerah di Jawa Tengah dan provinsi besar lainnya.

Pelanggan XL Axiata akan banyak menggunakan beragam layanan data, terutama media sosial guna berbagi konten. Pelanggan juga lebih banyak mengakses layanan streaming baik video, musik, maupun gim, yang memerlukan kapasitas besar. Untuk streaming meliputi Youtube, Vidio, dan Spotify. Sementara itu, untuk aplikasi messaging adalah WhatsApp. 

Baca Juga: PHRI DIY: Reservasi Hotel saat Libur Lebaran Baru 55 Persen

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya