Comscore Tracker

5 Tanda Teman Curhatmu adalah Pribadi yang Tulus

Gak semua orang bisa begini, lho

Pada saat-saat tertentu saat beban emosional terasa memuncak, tentu ada baiknya untuk curhat kepada seseorang. Dengan begitu, berbagai perasaan yang selama ini membebani akan terasa lebih lega. Namun, memilih teman curhat juga menjadi hal yang penting.

Tentunya kita berharap agar dapat mencurahkan unek-unek kepada seseorang yang tulus. Dengan demikian, curhat yang dilakukan dapat bermanfaat dan membawa dampak positif. Lalu, apa tandanya bahwa teman curhatmu adalah pribadi yang tulus? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Dia akan lebih banyak mendengar daripada memotong pembicaraan

5 Tanda Teman Curhatmu adalah Pribadi yang Tulusilustrasi sedang menatap (pexels.com/Liza Summer)

Bagaimana sikap orang tersebut saat mendengarkan curahan hatimu? Jika dirinya mendengarkan dengan saksama saat dirimu sedang curhat, ini bisa jadi indikasi kalau dia memang tulus saat dirimu curhat dengannya. Jika yang terjadi sebaliknya, tentu akan menjadi tanda tanya tersendiri.

Bukan pula untuk berburuk sangka, namun tanda ini menjadi hal penting untuk kamu perhatikan. Seseorang yang tulus umumnya akan berusaha memahami lawan bicaranya, daripada sibuk memotong pembicaraan apalagi kalau berdebat tanpa alasan maupun tujuan yang jelas. 

2. Dia senang memberikan saran atau nasihat yang membangun

5 Tanda Teman Curhatmu adalah Pribadi yang Tulusilustrasi mengobrol santai (pexels.com/nappy)

Ketulusan seseorang juga dapat diketahui dari saran atau nasihat yang ia berikan. Coba perhatikan baik-baik, apakah saran atau nasihat itu sifatnya membangun? Dengan kata lain, setiap kata-kata atau kalimat yang ia ucapkan bersifat positif dengan disertai niat yang tulus.

Dengan memahami hal ini, tidak akan sulit bagimu untuk menyadari apakah kamu telah curhat pada pribadi yang tulus atau tidak. Setelah mengetahuinya, kamu pun dapat curhat dengan nyaman sekaligus bertukar pikiran dengan orang tersebut. Jadi, jangan remehkan tanda yang satu ini, ya.

Baca Juga: 5 Tips Menemukan Circle Pertemanan yang Cocok, Bukan Musiman

3. Dia berusaha sebaik mungkin untuk memahami sudut pandangmu

5 Tanda Teman Curhatmu adalah Pribadi yang Tulusilustrasi mengobrol (pexels.com/Liza Summer)

Beda orang, beda pula pemikiran dan sudut pandang masing-masing orang. Hal ini kadang menjadi kendala yang tak kunjung disadari. Menyesuaikan diri adalah kunci pentingnya, termasuk ketika sedang curhat atau mendengar curahan hati orang lain.

Jika orang tersebut benar-benar tulus, biasanya ia akan berusaha memahami sudut pandangmu sebaik mungkin, meski mungkin bertolak belakang dengan sudut pandang miliknya. Dia akan coba mengerti alasan kamu curhat padanya sekaligus membantu menemukan solusi yang tepat jika memang diperlukan.

4. Dia akan bersikap tegas jika merasa ada hal yang perlu kamu pahami

5 Tanda Teman Curhatmu adalah Pribadi yang Tulusilustrasi berjalan dan mengobrol (pexels.com/Charlotte May)

Saat curhat, kita sebenarnya juga membicarakan pemahaman kita tentang suatu hal, entah disadari atau tidak. Setidaknya pemahaman tersebut terlihat saat membicarakan masalah atau topik tertentu yang jadi alasanmu untuk curhat. Nah, jika orang yang mendengar curahan hatimu merasa ada hal yang perlu kamu pahami menurut sudut pandangnya, maka ia akan sampaikan dengan tegas.

Tujuannya adalah untuk membuka pola pikirmu menjadi lebih baik lagi. Jadi, jika kamu menemukan orang dengan tanda ini maka kemungkinan besar ia adalah orang yang tulus saat mendengar curahan hatimu. Sudah pernah ketemu?

5. Kamu sendiri dapat merasakan ketulusan hati orang tersebut

5 Tanda Teman Curhatmu adalah Pribadi yang Tulusilustrasi sedang mengobrol (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Semua tanda di atas gak akan terasa lengkap tanpa hal yang satu ini. Ya, untuk tahu apakah orang tersebut tulus atau tidak saat kamu curhat padanya, coba tanya lagi pada dirimu sendiri. Apa yang kamu rasakan saat curhat pada dirinya? Dapatkah kamu merasakan ketulusan dan kesungguhan hatinya selama waktu tersebut?

Setelah menjawab pertanyaan tersebut, kamu akan tahu dengan sendirinya. Mungkin memang sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata, namun dalam lubuk hatimu kamu bisa merasakan tulus atau tidaknya orang tersebut. Jika belum bisa merasakannya, bersabarlah sebab waktu demi waktu akan membuatmu lebih paham nantinya.

Merupakan kebahagiaan tersendiri saat kita dapat curhat pada pribadi yang tulus. Sebab beban pikiran yang sudah terasa menumpuk dapat dikeluarkan secara tepat dan nyaman. Jadi jika kamu sudah bertemu dengan orang tersebut, ucapkan terima kasih yang tulus pada dirinya, ya!

Baca Juga: Pahami 5 Hal Ini Agar Tak Mudah Kecewa dalam Pertemanan

Frederick K Photo Community Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya