Comscore Tracker

Kikuya Urakami Shouji, Toko Khusus Bagi Orang Kidal di Jepang

Jangan lupa besok Sabtu, tanggal 13 Agustus merupakan peringatan Hari Kidal Sedunia!

Dalam kehidupan sehari-hari, orang kidal pasti sering merasakan berbagai kesulitan. Berbagai benda sampai fasilitas umum seolah hanya dibuat untuk mereka yang lebih lihai dengan tangan kanannya sehingga si kidal perlu lebih beradaptasi. 

Namun di Jepang, terdapat Kikuya Urakami Shouji yang tak lain adalah toko yang menjual peralatan sehari-hari khusus untuk orang kidal. Toko ini cukup populer sehingga menjadi destinasi wisata. Yuk, simak ulasan toko unik tersebut di bawah ini!

1. Berawal dari toko alat tulis dan kantor, akhirnya menyediakan alat khusus orang kidal

Kikuya Urakami Shouji, Toko Khusus Bagi Orang Kidal di JepangKikuya Urakami Shouji (asahi.com)

Mengutip dari laman navida.ne.jp, Kikuya Urakami Shouji awalnya adalah toko peralatan alat tulis yang sudah buka sejak tahun 1973. Selain menjual alat tulis, toko ini juga menyediakan peralatan kantor. 

Sementara itu, mengutip langsung dari website Kikuya Urakami Shouji, dua di antara lima anak dari Mamagon, sang pemilik toko juga kidal. Ia merasa kasihan dengan anak-anaknya yang kesulitan menggunakan alat pemotong kertas yang hanya dapat digunakan dengan mudah untuk orang normal. Bahkan kedua anak Mamagon sampai terluka jarinya saat menggunakan alat ini.  

Pada saat itu, belum ada toko yang menjual alat pemotong kertas untuk kidal, karena inilah akhirya Mamagon menyediakan dan menjual barang-barang untuk orang kidal di toko alat tulisnya. 

2. Telah diliput oleh berbagai media baik cetak sampai TV sebagai satu-satunya toko untuk orang kidal di Jepang

Kikuya Urakami Shouji, Toko Khusus Bagi Orang Kidal di JepangKikuya Urakami Shouji (kikuya-net.co.jp)

Kikuya Urakami Shouji bisa dibilang cukup terkenal di kalangan orang kidal, bahkan di kalangan artis Jepang. Meski tidak disebutkan secara jelas siapa saja yang sudah berkunjung, tapi di laman resmi toko tersebut terdapat informasi beberapa artis Jepang telah membeli peralatan orang kidal. 

Selain itu, Kikuya Urakami Shouji juga sudah diliput oleh media baik dari Jepang, sampai luar negeri. Kikuya Urakami Shouji telah diperkenalkan sebagai toko yang menyediakan berbagai barang untuk orang kidal yang memiliki toko fisik satu-satunya di Jepang!

Baca Juga: Belanja Minim Plastik di Litterless Toko Grosir Ramah Lingkungan Jogja

3. Barang yang dijual mulai dari alat tulis sampai dapur

Kikuya Urakami Shouji, Toko Khusus Bagi Orang Kidal di JepangKikuya Urakami Shouji (asahi.com)

Setidaknya ada lebih dari puluhan jenis barang untuk orang kidal yang dijual di sini. Misalnya penggaris di mana orang kidal bisa membaca dari kanan ke kiri. Selain itu, mereka juga ada kipas, cutter, dan gunting khusus kidal.

Awalnya mereka hanya menyediakan alat tulis, namun banyak konsumen meminta untuk disediakan alat masak, kemudian lahirlah penggorengan untuk si left-handed, sendok sup, sampai teko khas Jepang juga tersedia. 

Buat kamu yang kebetulan nerada berada di Jepang, bisa datang langsung ke toko mereka yang berlokasi di depan "Calling Red Hand" Taro Okamoto di Jalan Perbelanjaan Nishimon, Kota Sagamihara, Prefektur Kanagawa. 

Tak main-main, pembeli di Kikuya Urakami Shouji datang dari dalam dan luar Jepang. Mereka juga melayani pembelian barang secara daring. Yang lebih mengesankan dari toko ini adalah mereka memiliki tagline "Silakan melihat kedua tangan kiri dan tangan kanan!' yang bermaksud untuk tidak membeda-bedakan antara orang kidal dan yang menggunakan tangan kanan. Jangan lupa besok Sabtu, tanggal 13 Agustus merupakan peringatan Hari Kidal Sedunia! 

Baca Juga: 10 Lomba Unik 17 Agustus untuk Orang Dewasa, Seru dan Menghibur!

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya