5 Alasan Kenapa Rasa Percaya Diri Berlebihan Itu Merugikan

Malah bikin ilfeel!

Memiliki kepercayaan diri yang cukup akan membuat kita mampu menaklukkan berbagai tantangan hidup. Selain itu, kita juga jadi lebih bisa diandalkan dalam berbagai situasi. Serta, akan ada banyak kesempatan yang bisa diambil dan menguntungkan diri kita dalam berbagai aspek. 

Akan tetapi, sama seperti hal lainnya di dunia ini yang gak baik kalau dilakukan atau dimiliki secara berlebihan, begitu pula dengan rasa percaya diri. Kepercayaan diri yang terlalu tinggi nyatanya bisa merugikan diri sendiri. Begini, nih lima penjelasannya. 

1. Membuat kita dicap negatif

5 Alasan Kenapa Rasa Percaya Diri Berlebihan Itu Merugikanilustrasi orang berdebat (pexels.com/SHVETS production)

Rendah hati akan mendatangkan kekaguman, sementara kepercayaan diri yang berlebihan sangat berpotensi membuat orang lain muak dengan kita. Sebagai contoh, orang yang cantik jika terus menerus mengatakan ke orang-orang bahwa dia cantik dan good looking, maka akan ada saja yang memberi komentar negatif dan menyangkal kecantikannya. Berbeda halnya jika dia diam saja dan membiarkan orang lain yang memuji dirinya. 

Apapun kelebihan dan kemampuan yang kita miliki, biarkan fakta yang berbicara. Kepercayaan diri berlebihan dan pamer ke sana kemari soal hal tersebut gak akan membuat kita terlihat lebih baik. 

2. Saran yang diberikan orang lain enggan kita dengar

5 Alasan Kenapa Rasa Percaya Diri Berlebihan Itu Merugikanilustrasi bertemu keluarga (pexels.com/Lisa Fotios)

Orang dengan kepercayaan diri yang terlalu tinggi biasanya menutup telinga dari saran yang diberikan orang kepadanya. Selain karena merasa lebih mengenal dirinya dibanding siapa pun, dia juga punya perasaan bahwa dirinya lebih hebat dibanding orang tersebut. Orang yang memberinya saran dia anggap tengah merendahkan dan menjatuhkan dirinya. 

Tingginya kepercayaan diri juga bisa membuat seseorang sangat sombong dan merasa sempurna. Sehingga, gak ada saran dan nasihat yang dia rasa mampu membuatnya menjadi lebih baik lagi. 

3. Membuat kita lebih banyak bicara dan kurang mau mendengarkan

5 Alasan Kenapa Rasa Percaya Diri Berlebihan Itu MerugikanIlustrasi bertemu keluarga (pexels.com/fauxels)

Sungguh disayangkan, orang dengan kepercayaan diri berlebihan juga suka sekali bicara dan tentunya yang dia bicarakan adalah dirinya sendiri. Kelebihannya, pengalamannya, bakatnya, pekerjaannya, dan semua tentang dirinya terasa begitu indah untuk terus dibicarakan kepada siapa pun. Dia bisa menghabiskan waktu berjam-jam tanpa terasa, jika sudah menceritakan diri sendiri. 

Sementara, mendengar orang lain berbicara menjadi sesuatu yang sungguh membosankan baginya. Setiap kali berinteraksi dengan siapa pun, yang paling dia tunggu-tunggu adalah kesempatan untuk bicara dan menunjukkan kehebatannya sendiri. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Gak Mau Kalah saat Adu Argumen, Ada Gemini!

4. Seolah semua hal yang terjadi berpusar mengelilingi kita

5 Alasan Kenapa Rasa Percaya Diri Berlebihan Itu MerugikanIlustrasi orang tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kepercayaan diri berlebihan juga cenderung membuat seseorang menjadi sangat narsistik. Seakan segala yang terjadi di dunia ini berpusat dan berputar mengelilingi dirinya. Seolah di mana pun dia berada, orang-orang terus memperhatikannya. 

Memiliki perasaan semacam ini jelas akan membuat mental kita terganggu. Sedikit banyak, kita jadi fokus pada penampilan luar dan cenderung menghabiskan uang untuk membuat diri kita terlihat menarik. 

5. Susah menerima kekurangan yang dimiliki

5 Alasan Kenapa Rasa Percaya Diri Berlebihan Itu Merugikanilustrasi ibu dan anak (pexels.com/Kindel Media)

Menutup mata dari kekurangan yang dimiliki adalah ciri khas lain dari orang yang over confidence. Alhasil, orang seperti ini akan sulit berkembang dan berubah menjadi lebih baik. Dia merasa dirinya sudah begitu sempurna dan orang lain harus bisa menerimanya. 

Dia sendiri pun gak bisa menerima bahwa dirinya punya kekurangan. Sebab baginya mengakui hal itu hanya akan menghilangkan kepercayaan dirinya sendiri. 

Segala hal yang baik, bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri jika dilakukan dengan berlebihan. Gak terkecuali dengan kepercayaan diri. Cukup miliki dalam porsi yang tepat agar kita bisa mendapat keuntungan yang tepat pula dari hal tersebut. 

Baca Juga: 7 Tips Bijak Menghadapi Orang Ngeyel, Jangan Ikutan Ngotot

Desy Damayanti Photo Community Writer Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya