Comscore Tracker

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Memasang Pagar, Pikirkan Tetangga

Pagar bisa melindungi sekaligus bikin rumah lebih estetis

Salah satu elemen penting rumah adalah pagar. Pagar dapat menambahkan keamanan dan juga keindahan penampilan rumah secara keseluruhan. Dengan adanya pagar halaman, akan memberikan batasan yang jelas area untuk aktivitas pemilik rumah dengan jalanan  umum dan juga tetangga kanan kiri.

Memilih pagar memerlukan kejelian agar dapat memenuhi fungsi yang diharapkan sekaligus menambah nilai estetis rumah. Berikut 6 hal yang perlu diperhatikan dalam memilih dan memasang pagar agar tepat guna.

1. Pahami kebutuhan

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Memasang Pagar, Pikirkan Tetanggailustrasi pagar (Unsplash.com/ Randy Fath)

Kamu harus menetapkan dengan jelas terlebih dahulu apa yang ingin kamu capai dari pembangunan pagar di halaman kamu. Apakah hanya sekedar sebagai pembatas, untuk keamanan, untuk alasan estetika, atau untuk kepentingan menjaga privasi.

Perbedaan kebutuhan ini tentunya akan memengaruhi jenis pagar yang akan dipilih. Mulai dari bahan atau material, ukuran dan juga bentuk pagar.

2. Tentukan anggaran

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Memasang Pagar, Pikirkan Tetanggailustrasi pagar (Unsplash.com/ Babak Habibi)

Pagar dengen berbagai jenis dan bentuk tentunya memiliki harga yang bervariasi juga. Kamu bisa mulai dengan menghitung harga satuan pagar dikalikan dengan berapa jumlah unit atau luasan pagar yang kamu butuhkan.

Kamu akan memperoleh perkiraan biaya secara keseluruhan. Lalu pilihlah sesuai dengan jumlah anggaran yang kamu alokasikan untuk pembangunan pagar ini. Jangan lupa juga untuk memasukkan biaya tenaga pemasangan pagar ke dalam perhitungan komponen biaya.

3. Perhatikan material pagar

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Memasang Pagar, Pikirkan Tetanggailustrasi pagar (Pixabay.com/ PIRO4D)

Pemilihan material atau bahan pembuat pagar dapat disesuaikan dengan tujuan awal pembuatan harga dan juga faktor harga. Kamu dapat melakukan survei atau riset kecil-kecilan untuk membandingkan setiap jenis bahan pagar yang ditawarkan.

Misalnya saja pagar berbahan kayu, besi, aluminium, vinyl dan lain-lain. Cari tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing sebagai bahan pertimbangan. Jangan lupa untuk membatasi pencarian sesuai anggaran yang telah kamu buat sebelumnya.

Baca Juga: Memanfaatkan Seni Makrame untuk Dekorasi Rumah, Unik Banget!

4. Sesuaikan dengan kebijakan lingkungan

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Memasang Pagar, Pikirkan Tetanggailustrasi pagar (Pexels.com/ Brett Sayles)

Bagi kamu yang tinggal di kompleks perumahan mungkin ada baiknya kamu memeriksa kembali peraturan kompleks tempat kamu tinggal. Kadang-kadang ada aturan tertentu atau khusus dalam pemasangan pagar. Misalnya saja untuk kepentingan harmonisasi lingkungan kompleks secara keseluruhan, bisa saja ada ketentuan batasan terkait material pagar, bentuk dan desain pagar, hingga ukuran ketinggian pagar.

Konsultasikan dengan penanggung jawab kompleks perumahan atau ketua lingkungan. Kamu harus bisa berkompromi apabila ada hal-hal yang kamu inginkan namun tak sesuai dengan policy kompleks perumahan. Kamu bisa mencari alternatif lain yang lebih sesuai dan tidak menimbulkan kontra. Hal ini akan menghindarkan kamu dari konflik dengan masyarakat sekitar tempat tinggal kamu.

5. Tentukan titik pemasangan pagar

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Memasang Pagar, Pikirkan Tetanggailustrasi pagar (Unsplash.com/ Vidar Nordli-Mathisen)

Kamu harus menentukan titik yang tepat untuk menempatkan pagar halaman kamu. Pastikan kamu tidak melanggar batas halaman dan justru memasang pagar di  titik area yang masuk dalam kepemilikan lahan tetangga kamu. Bisa-bisa kamu menuai protes dan harus membongkar ulang pagar yang sudah dipasang.

Lebih baik lagi jika kamu melibatkan tetangga kamu saat melakukan pengukuran ulang. Dengan begitu, tetangga kamu akan tahu rencana kamu memasang pagar. Jika saat menentukan titik batas terdapat perbedaan pendapat, kamu bisa mendiskusikannya baik-baik. Jika perlu, tunjukkanlah dokumen sebagai data dukung penentuan titik dan ajaklah pihak ketiga seperti ketua lingkungan untuk ikut menyaksikan dan menengahi.

Kamu sekaligus bisa memanfaatkan momen ini untuk menjelaskan tujuan kamu memasang pagar agar tak timbul kesalahpahaman. Bagaimanapun juga, penting untuk tetap menjaga hubungan baik dengan tetangga sebagai orang-orang yang tinggal dekat dengan rumah kita.

6. Gunakan tenaga profesional

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Memasang Pagar, Pikirkan Tetanggailustrasi pagar (Pixabay.com/ No-longer-here)

Memasang pagar bukanlah pekerjaan mudah.  Diperlukan skil yang memadai dan juga peralatan khusus yang mendukung proses kerja pemasangan pagar. Kalau kamu tak punya keahlian dalam bidang ini, gunakan tenaga profesional agar pemasangan pagar dapat dilakukan dengan baik.

Cek reputasi tenaga pemasang agar  kamu mendapatkan hasil yang memuaskan. Lebih baik lagi jika kamu memakai tenaga yang direkomendasikan kenalan kamu yang bisa kamu lihat hasil pekerjaan mereka sebelumnya.

Selain memilih pagar , kamu juga sebaiknya memahami cara-cara perawatan pagar usai dipasang. Jenis pagar yang berbeda, bisa saja memerlukan perawatan yang berbeda juga. Dengan perawatan yang tepat, pagar halaman kamu akan lebih awet dan ini berarti efisiensi pengeluaran.

Baca Juga: 7 Tips Mencari Asisten Rumah Tangga, Jangan Asal Pilih!

Dream Praire Photo Community Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya