Comscore Tracker

5 Langkah Beli Cincin Nikah Online, Anti Ribet!

Tips supaya gak kena tipu online shop

Siapa bilang beli cincin pernikahan secara online itu sulit? Justru di zaman serba canggih seperti saat ini, belanja secara daring bisa memudahkan kamu dan pasangan yang belum menemukan cincin yang pas.

Namun membeli cincin kawin secara daring ada aturannya, yuk ikuti lima langkah berikut ini untuk memudahkanmu sekaligus gak kena tipu online shop!

1. Bersama pasangan tentukan budget

5 Langkah Beli Cincin Nikah Online, Anti Ribet!Cara beli cincin kawin online (unsplash.com/Tyler Nix)

Terlepas dari di mana toko perhiasan yang akan dipilih, model, dan bagaimana cara membelinya, kamu harus menentukan bujet pembelian cincin kawin. Hal ini harus dibicarakan berdua dengan pasangan, agar sepakat uang yang dibutuhkan untuk membeli cincin.

Selain itu, menetapkan anggaran di awal akan memudahkan ke langkah selanjutnya. Ini bisa jadi pedoman supaya pengeluaran keuangan gak melebar ke mana-mana.

Baca Juga: Anak Sekolah Pacaran di Taman Ini, Siap-siap Kena Denda Rp2 Juta  

2. Cari toko perhiasan daring yang terpercaya

5 Langkah Beli Cincin Nikah Online, Anti Ribet!beli cincin kawin online (unsplash.com/jickii)

Ada banyak toko perhiasan yang bisa kamu temukan baik di media sosial atau market place yang menawarkan berbagai desain serta harga cincin kawin menggiurkan. Mungkin saking banyaknya, kamu bisa pusing menentukan mana yang bisa jadi tujuan. Namun, pastikan dulu bahwa toko yang kamu incar ini bisa dipercaya. 


Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan untuk memilih toko perhiasan online terpercaya. Pertama yaitu banyaknya testimoni yang diberikan. Kedua, pelayanan toko online yang terpercaya juga pasti baik. Segala pertanyaanmu akan dijawab dengan yakin oleh customer service dan dibantu jika menemui kendala. Ketiga, beberapa toko perhiasan online yang sudah besar biasanya memiliki toko offline di kota tertentu, kamu bisa menemukan alamatnya melalui pencarian lokasi di google maps.

3. Pilih model cincin yang disukai bersama

5 Langkah Beli Cincin Nikah Online, Anti Ribet!tips beli cincin nikah (unsplash.com/Lauren Richmond)

Cincin kawin akan digunakan berdua, jadi sebaiknya model yang dipilih menyesuaikan selera kamu dan pasangan. Jika kalian menginginkan cincin yang desainnya unik dan gak sama dengan lainnya, maka pilih model yang bisa custom sesuai dengan keinginan. Memang biasanya cincin kawin custom akan lebih mahal dibandingkan yang biasa, tapi bukan masalah karena akan jadi perhiasan paling bersejarah seumur hidup. 

4. Tentukan material cincin yang sesuai anggaran

5 Langkah Beli Cincin Nikah Online, Anti Ribet!cincin kawin online (unsplash.com/Jeongim Kwon)

Ada banyak jenis material untuk pembuatan perhiasan, yaitu silver, palladium, platina, emas, dan lain sebagainya. Semua bahan ini memiliki plus dan minus sendiri dengan harga yang beragam. Apalagi jika kamu ingin emas, ada ketentuan karat yang mesti diperhatikan.

Nah, jika kamu dan pasangan beragama Islam, perlu diingat ada larangan membeli cincin online berbahan emas untuk laki-laki. Ada baiknya cari tahu referensi material lain untuk calon suami. Dan terpenting, beli cincin sesuai dengan bujet yang sudah ditentukan di awal.

5. Ukur lingkar jari

5 Langkah Beli Cincin Nikah Online, Anti Ribet!Tips beli cincin kawin (unsplash.com/Luigi Pozzoli)

Paling penting saat membeli cincin online adalah ketepatan lingkar jari, jangan sampai terlalu longgar atau malah sesak. Memang ada garansi untuk mengecilkan lingkar cincin, tapi ini akan memakan waktu yang gak sebentar. Nah, ikuti cara berikut untuk mengukur lingkar jari yang tepat dengan menyediakan: 

  • Benang atau kertas
  • Spidol
  • Gunting
  • Penggaris

Cara ukur:

  1. Balut jari yang akan dipakaikan cincin dengan benang atau kertas, sebaiknya jangan terlalu ketat atau dilonggarkan. Secukupnya saja.
  2. Berikan tanda di bagian pertemuan antara kertas atau benang dengan spidol. Gunting pada bagian kertas yang telah ditandai.
  3. Ukur menggunakan penggaris dari ujung ke ujung.

Mempersiapkan pernikahan memang gak mudah, termasuk mengurusi cincin kawin yang ternyata sering bikin bingung antara kamu dan pasangan. Semoga tips di atas bisa membantumu mendapatkan cincin ternyaman dan sempurna sebagai lambang cinta. Semoga sukses sampai hari bahagia!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya