Comscore Tracker

5 Tanaman Hias dengan Daun Warna-Warni, Taman Makin Asri

Biar taman di rumahmu gak hijau melulu

Apakah kamu ingin mempercantik taman di depan rumah dengan sesuatu yang antimainstream? Kalau iya, tanaman-tanaman di bawah ini bisa jadi pilihan, nih. 

Beberapa tanaman yang dijelaskan di bawah ini memiliki daun dengan warna ceria seperti merah, kuning, dan oranye. Ya, kamu bisa kok menanam tanaman selain daun hijau untuk tamanmu. Penasaran seperti apa daun dari beberapa tanaman tersebut? Cek di bawah ini, ya. 

Baca Juga: 7 Fakta Sukulen, Tanaman Imut yang Mudah Dirawat

1. Canna

5 Tanaman Hias dengan Daun Warna-Warni, Taman Makin Asriilustrasi tanaman canna (pexels.com/Maria Orlova)

Selain hijau, daun canna memiliki berbagai warna yang cantik, lho. Tanaman tropis ini mempunyai daun dengan warna perak, kemerahan, keunguan, bergaris, dan lainnya. 

Bukan hanya itu, warna bunganya pun dikenal sangat menarik, seperti merah muda, oranye, kuning, merah, hingga gradasi dua warna. Karena itu, tak jarang pecinta tanaman mengoleksi berbagai jenis canna untuk mencerahkan taman mereka. Apakah kamu juga tertarik merawat canna? 

2. Caladium

5 Tanaman Hias dengan Daun Warna-Warni, Taman Makin Asriilustrasi daun caladium (pixabay.com/GAIMARD)

Caladium atau keladi menjadi tanaman paling tepat untuk kamu yang ingin mempunyai taman yang adem. Daunnya yang tebal ini memang cocok di daerah tropis dengan pencahayaan matahari yang terik. 

Caladium sendiri tumbuh dari umbi yang ditanam tepat di bawah permukaan tanah yang lembap. Jika dirawat dengan baik, tanaman ini bisa mencapai 45,72 - 61 cm. Sedangkan untuk varietas kerdil tinggi maksimalnya hanya 30,5 cm, saja. 

3. Coleus

5 Tanaman Hias dengan Daun Warna-Warni, Taman Makin Asriilustrasi daun coleus (pixabay.com/Alexei_others)

Coleus adalah tanaman yang cukup familier bagi pencinta tanaman. Perawatannya yang mudah dan warna daunnya yang cantik, membuat pemula ingin belajar merawatnya. 

Meski begitu, ada beberapa jenis coleus yang sensitif terhadap suatu kondisi cahaya. Itulah mengapa, penting untuk membaca label tanaman untuk mendapatkan varian yang sesuai dengan kondisi tamanmu. Ada beberapa jenis yang harus ditaruh di tempat yang teduh, sedangkan yang lain bisa tahan banting di bawah sinar matahari penuh. 

4. Heuchera

5 Tanaman Hias dengan Daun Warna-Warni, Taman Makin Asriilustrasi daun coralbells (pixabay.com/eliza28diamonds)

Dikenal juga dengan nama coralbells, huechera dapat membuat taman menjadi indah. Tanaman keras yang biasanya tumbuh di dataran rendah Ini menghasilkan daun dengan warna lembut seperti merah, ungu, merah muda, perak, dan hijau. 

Selain mempunyai banyak warna, daun tanaman ini juga memiliki motif yang unik. Beberapa di antara bintik-bintik teratur, bintik-bintik berantakan, atau berurat. Tak jarang juga, bunga tanaman ini terlihat sangat cantik seperti lonceng kecil dengan warna putih, merah, dan pink. Wah, menarik banget, kan? 

Oiya, kalau ingin merawat heuchera, kamu perlu menaruhnya pada area dengan pencahayaan sinar matahari yang penuh dan kelembapan yang baik.

5. Croton

5 Tanaman Hias dengan Daun Warna-Warni, Taman Makin Asriilustrasi daun croton (pixabay.com/mfuente)

Croton jadi pilihan populer sebagai tanaman hias yang cocok ditaruh dalam dan atau luar ruangan. Tanaman yang memiliki daun tebal dan kasar ini bisa tumbuh subur dari 13-31 cm. 

Asiknya lagi, daun croton ini mempunyai warna daun yang sangat menarik. Ada yang memiliki beberapa warna dalam satu tahun seperti merah, kuning, oranye, dan hijau sekaligus dengan pola yang teratur atau acak. Cantik banget, ya? 

Warnanya daunnya tidak kalah cantik dengan bunganya, kan? Kalau beberapa tanaman tersebut sedang berbunga, taman kamu jadi makin meriah, deh. Jadi gak sabar menanamnya di tamanmu, ya? 

Baca Juga: 5 Tanaman Pembersih Udara Terbaik Menurut Fengsui, Ada Anggrek Bulan

IamLathiva Photo Community Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya