Comscore Tracker

5 Tips Agar Productive Procrastination Berdampak Positif

Agar pekerjaanmu benar-benar bisa terselesaikan

Kebiasaan menunda-nunda sering kali dilakukan oleh seseorang. Terdapat beberapa alasan seseorang melakukan hal ini, seperti merasa sulitnya menyelesaikan tugas, ketakutan terhadap hasil yang buruk, atau hanya sekadar ingin bersantai. Kebiasaan ini secara tidak sadar bisa menghambat kamu dari tujuan yang mau dicapai.

Productive procrastination adalah salah satu hal yang dipicu ketika seseorang merasa bahwa pekerjaan yang seharusnya dikerjakan terasa sangat sulit, sehingga mengabaikan pekerjaan tersebut dengan cara melakukan kegiatan lain yang cenderung lebih mudah tapi tak berhubungan dengan pekerjaanmu. Contohnya, merapikan kamar atau menyapu rumah.

Hal ini terkadang baik dilakukan, namun ada juga efek buruknya loh. Berikut ini beberapa tips agar productive procrastination bisa berdampak positif dan pekerjaanmu bisa terselesaikan dengan baik.

1. Menyelesaikan pekerjaan dari yang mudah hingga yang sulit 

5 Tips Agar Productive Procrastination Berdampak PositifIlustrasi mencatat agenda (https://pixabay.com/users/stocksnap-894430)

Terkadang seseorang memiliki kebiasaan menunda-nunda karena merasa tidak mampu menyelesaikan tugas tersebut. Akhirnya tugas menjadi terbengkalai dan mungkin saja mengakibatkan keterlambatan dalam menyelesaikannya. Tugas yang sulit pun bisa memicu munculnya stres.

Agar kamu terhindar dari hal tersebut, cobalah untuk membuat to do list mengenai apa saja tugas yang perlu kamu selesaikan. Setelah itu, kamu bisa urutkan dari yang mudah hingga yang sulit.

Cara ini bisa membantu kamu agar tidak mudah bosan dalam menyelesaikannya. Kamu juga bisa membuat agenda di ponselmu untuk mengingat pekerjaan apa saja yang perlu diselesaikan terlebih dahulu.

2. Menyadari mungkin kamu butuh istirahat sejenak 

5 Tips Agar Productive Procrastination Berdampak PositifIlustrasi bersantai (https://pixabay.com/users/sweetlouise-3967705)

Jangan terlalu memaksakan dirimu sendiri, kadang kala kamu butuh istirahat agar bisa lebih tenang dan mampu berpikir positif. Dengan keadaan yang lelah, kamu tidak akan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik, malah bisa-bisa semuanya jadi berantakan.

Cobalah istirahat sejenak dengan melakukan kegiatan positif yang kamu sukai, seperti berolahraga, mendengarkan musik, atau hangout dengan orang-orang yang kamu sayangi.

Baca Juga: 5 Tips Berteman dengan Atasan, Akrab dan Tetap Tahu Batasan

3. Menghindari segala bentuk distraksi 

5 Tips Agar Productive Procrastination Berdampak PositifIlustrasi bekerja (https://pixabay.com/users/tookapic-1386459)

Jika kamu tipe seseorang yang mudah terdistraksi, cobalah membangun suasana yang nyaman agar bisa fokus dalam jangka waktu yang lama. Ada salah satu tips agar bisa membangun suasana dengan cara yang mudah, yaitu dengan memanfaatkan website yang menyediakan ambience virtual sesuai keinginanmu, contohnya seperti lifeat.io.

Kamu bisa mendapatkan berbagai suasana seperti di pantai, gunung, kafe, dan masih banyak lagi. Dengan memanfaatkan situs web semacam ini, kamu tidak perlu repot-repot pergi ke tempat yang kamu inginkan. Cukup lakukan di rumah dengan bermodalkan internet dan headphone, kamu bisa bebas menikmati suasana di berbagai tempat.

4. Membersihkan ruangan kerjamu 

5 Tips Agar Productive Procrastination Berdampak PositifIlustrasi bekerja (https://pixabay.com/users/kaboompics-1013994)

Sulitnya fokus bisa jadi disebabkan oleh ruangan yang tidak tertata rapi. Sebelum memulai pekerjaan, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu sekitar tempat kerjamu. Terdapat banyak manfaat apabila ruanganmu bersih yaitu meningkatkan kenyamanan, meningkatkan kemampuan berpikir, dan membuatmu menjadi lebih produktif.

5. Memulai untuk mencicil pekerjaan 

5 Tips Agar Productive Procrastination Berdampak PositifIlustrasi mengerjakan tugas (https://pixabay.com/users/janeb13-725943)

Kebiasaan melakukan metode kebut semalam membuat banyak orang menunda-nunda pekerjaannya. Padahal ada banyak sisi negatif dari metode ini loh. Kamu bisa saja melewati detail-detail yang diperlukan dalam pekerjaanmu, bukan tidak mungkin akibatnya kamu tidak bisa mendapatkan hasil yang sempurna karena kurangnya waktu. Belajarlah manajemen waktu dengan baik agar hidupmu semakin produktif.

Jika kamu sedang berada di posisi seperti ini, kamu bisa memulai perlahan cara-cara di atas. Hal ini bisa membuat perubahan positif di hidupmu.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Rencana Pengembangan Karier 5 Tahun ke Depan

Viona Maydiputri Photo Community Writer Viona Maydiputri

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya