Comscore Tracker

7 Tokoh Terpintar Film Harry Potter, Tak hanya Hermione

Di bawah ini ada tokoh favoritmu gak?

Di kalangan potterrhead, tak sulit menyebutkan tokoh dalam film Harry Potter yang terpintar. Siapa lagi kalau bukan Hermione Granger si serba tahu di antara tiga tokoh utama dalam film tersebut.

Tahukah kamu, jika menilik lebih dalam lagi ternyata ada tokoh lain yang tak kalah cerdas dengan Hermione. Penasaran apakah ada tokoh kesukaanmu termasuk salah satunya? Check this out!

1. Albus Dumbledore

7 Tokoh Terpintar Film Harry Potter, Tak hanya Hermionealbus dumbledore (instagram.com/harrypotterfilm)

Pernah terpikirkan apa alasan sang 'Pangeran Kegelapan' hanya takut kepada Albus Percival Wulfric Brian Dumbledore? Ya tentu karena Dumbledor adalah penyihir terhebat sepanjang masa, bahkan tak tertandingi oleh siapa pun. Kecerdasan Voldemort menjadikannya tak mudah menguasai dunia sihir sekalipun memiliki pasukan yang banyak. 

Selain itu, dengan kekuatannya yang besar, Albus Dumbledore bisa melancarkan sihir tanpa mengayunkan tongkat, loh. Sosok kepala sekolah Hogwarts ini juga mampu memahami bahasa ular atau parseltongue. 

2. Voldemort

7 Tokoh Terpintar Film Harry Potter, Tak hanya Hermionevoldemort (instagram.com/harrypotterfilm)

Kecerdasan Tom Riddle atau yang kemudian dikenal dengan You-Know-Who diakui sendiri oleh Albus Dumbledore. Dalam suatu adegan, Dumbledore mengatakan bahwa Tom Riddle adalah murid paling cemerlang yang diketahuinya selama menjadi guru di Hogwarts. 

Bukan semata-mata karena berhasil menciptakan horcrux, ia juga memiliki kemampuan menembus pikiran orang lain, sekaligus melindungi pikirannya sendiri. Tak heran kan kalau Voldemort dijuluki master occlumency dan legilimency yang tak tertandingi. Tak berhenti di situ, selain Dumbledore, Voldemort merupakan penyihir yang diketahui dapat melakukan apparate secara diam-diam. 

Baca Juga: 7 Kado dan Suvenir Unik Bagi Penggemar Harry Potter, Apa Saja? 

3. Saverus Snape

7 Tokoh Terpintar Film Harry Potter, Tak hanya Hermionesaverus snape (instagram.com/harrypotterfilm)

Ingat Harry Potter and the Half-Blood Prince yang merupakan film keenam dari seri film Harry Potter? Di film tersebut diketahui Snape adalah si Pangeran Berdarah Campuran, seseorang yang berada di balik coret-coretan cerdas dalam buku "Pembuatan-Ramuan Tingkat Lanjut" yang kemudian membuat Harry Potter berhasil melalui kelas Horace Slughorn tahun tersebut. 

Fakta lain soal Saverus Snape adalah ia satu-satunya penyihir yang menguasai occlumency dengan sangat ahli sehingga mampu menipu You-Know-Who dan menjadi agen ganda selama bertahun-tahun. 

Jangan lupakan, Snape seorang ahli ramuan berbakat yang mampu membuat ramuan kompleks seperti Veritaserum dan ramuan wolfsbane, seorang duelist dan praktisi ilmu hitam yang sangat terampil, dan menciptakan kutukan sectumsempra aslinya ketika dia menjadi murid di Hogwarts. 

4. Minerva McGonagall

7 Tokoh Terpintar Film Harry Potter, Tak hanya HermioneMinerva McGonagall (instagram.com/harrypotterfilm)

Tokoh terpintar di film Harry Potter berikutnya yaitu Profesor McGonagall. Ia adalah tangan kanan Profesor Dumbledore. Setelah kematiannya ia menjadi kepala sekolah Hogwart. Jelas ini membuktikan bahwa ia termasuk yang tercerdas dalam film kan?

Selanjutnya, Profesor McGonagall juga seorang animagus yang terampil dan master transfigurasi yang merupakan bentuk sihir yang terkenal sulit. Ah, jangan lupakan juga bagaimana ia melindungi Hogwarts selama pertempuran di seri terakhir film! 

5. Sirius Black

7 Tokoh Terpintar Film Harry Potter, Tak hanya Hermionesirius black (www.wizardingworld.com)

Menjadi satu-satunya yang bisa melewati penjara Azkaban tanpa bantuan dari pihak luar dengan penjagaan ketat, bahkan dementor, tentu tak mudah. Makanya Sirius Black layak mendapatkan predikat sebagai penyihir tercerdas di generasinya. 

Sirius Black juga seorang animagus tak terdaftar dimana teknik sihir ini sudah dikuasainya sejak tahun kelima saat sekolah di Hogwarts. Bahkan, Sirius pernah nekat menemani Harry ke stasiun kereta dalam bentuk animagus padfoot. Meski memiliki kepribadian keras kepala bahkan menyebalkan, ia adalah ayah baptis yang baik. 

6. Remus Lupin

7 Tokoh Terpintar Film Harry Potter, Tak hanya Hermioneremus lupin (www.wizardingworld.com)

Remus Lupin adalah versi laki-laki dan berusia lebih tua dari Hermione Granger. Pasalnya, Lupin adalah tipe pendamping berkepala dingin yang berusaha mencegah teman-temannya untuk melakukan kerusakan dan kekacauan. Bersama dengan Sirius, James Potter, dan Peter Pettigrew, Remus adalah salah satu pencipta asli The Marauders Map, sihir tingkat tinggi yang pertama kali diperkenalkan di Harry Potter and The Prisone of Azkaban. 

Lupin juga satu-satunya profesor pertahanan terhadap ilmu hitam selama Harry di Hogwarts. Profesor Lupin jelas memiliki pengetahuan luas, kecerdasan emosional, dan kebijaksanaan yang diperlukan untuk menjadi guru dan mentor yang hebat bagi Harry.

Baca Juga: 5 Film Indonesia Non-Horor yang Dibintangi Shareefa Daanish

7. Luna Lovegood

7 Tokoh Terpintar Film Harry Potter, Tak hanya Hermioneluna lovegood (wizardingworld.com)

Definisi cerdas itu sangat luas kan? Tentu saja Luna Lovegood kesayangan kita semua harus masuk dalam daftar salah satu tokoh terpintar di film Harry Potter mengingat ia adalah gadis yang bijaksana dan selalu ingin tahu soal dunia misteri dan alam semesta. Ruang lingkupnya yang unik memberi warna baru dan sangat berharga untuk petualangan Harry Potter. 

Terlebih dalam seri Deathly Hallows di mana Harry kesulitan menemukan horcrux terakhir,  Luna Lovegood yang memecahkan teka-teki itu. Dia membawa Harry ke ruang rekreasi Ravenclaw untuk menunjukkan kepadanya replika diadem Ravencla. 

Luna juga yang memperkenalkannya pada hantu rumah Ravenclaw, The Grey Lady, yang merupakan putri dari Rowena Ravenclaw. Helena Ravenclaw memiliki ikatan dengan Luna yang membujuknya untuk terbuka kepada Harry tentang di mana dia bisa menemukan diadem ibunya yang telah lama hilang.

Ada banyak karakter cerdas lain di film Harry Potter yang mungkin tak kita sadari, namun siapa pun itu, setiap tokoh memiliki peran yang layak untuk dikenang. Well, ada gak nih tokoh kesayanganmu yang termasuk dalam daftar di atas?

Baca Juga: Mengenal Red Herring, Alasan Plot Twist Film Mencengangkan

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya