Comscore Tracker

6 Rute Lari di Jogja, Menyenangkan dan Gak Bikin Bosan

Buat kamu yang suka jogging, nih!

Berlari santai atau jogging merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Bahkan, tidak jarang kegiatan ini sebagai sarana olahraga saja melainkan sebagai ajang bertemunya pasangan atau muda mudi dengan grupnya.

Lantas, mana saja rute lari di Jogja yang menyenangkan dan gak bikin bosan? Ini dia di antaranya.

1. Lapangan Denggung Sleman

6 Rute Lari di Jogja, Menyenangkan dan Gak Bikin Bosanbonvoyagejogja.com

Lapangan Denggung merupakan salah satu tempat jogging yang digemari warga Sleman. Lapangan ini terletak di Jalan Magelang Km 10, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di sini tersedia area jogging pada tepi lapangannya sehingga tidak mengganggu orang-orang yang sedang beraktivitas di dalam lapangan.

Ukuran lapangan Denggung memang tidak seluas alun-alun kota Yogyakarta, meski demikian di lapangan ini Anda bisa menyehatkan tubuh karena dapat berolahraga sekaligus menghirup udara segar dari pohon-pohon yang rindang.

2. Alun-alun Kidul Yogyakarta

6 Rute Lari di Jogja, Menyenangkan dan Gak Bikin BosanIDN Times/Nindias Khalika

Alun-alun Kidul (Selatan) merupakan salah satu tempat wisata yang tak jauh dari Keraton Yogyakarta. Banyak orang yang menjadikannya sebagai tempat bersantai.

Selain itu, alun-alun kidul juga sering kali dijadikan rute berlari bagi orang-orang yang sedang jogging. Tidak hanya itu saja, di sini kamu bisa bersepeda atau sekadar nongkrong bersama teman-teman.

3. Alun-alun Lor

6 Rute Lari di Jogja, Menyenangkan dan Gak Bikin BosanAlun-alun Utara Keraton Yogyakarta (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Alun-alun Lor (Utara), berada tepat di depan istana Keraton Yogyakarta. Di sini lebih luas dan tidak seramai dan sepadat dibanding Alun-Alun Kidul. Jadi, kamu bisa sesuka hati berjogging di kawasan alun-alun ini.

Karena jaraknya tidak terlalu jauh, kamu bisa mendatangi Alun-alun Lor dan Kidul dalam sekali jalan.

Baca Juga: 4 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan saat Berkunjung ke Jogja

4. Stadion Sultan Agung

6 Rute Lari di Jogja, Menyenangkan dan Gak Bikin BosanStadion Sultan Agung Bantul (Dok. Google Maps)

Stadion Sultan Agung terletak di Bantul Yogyakarta. Stadion ini sebenarnya menjadi markas klub sepakbola Persiba Bantul. Namun, tidak hanya digunakan sebagai tempat bermain sepak bola saja, di stadion ini juga seringkali dijadikan sebagai area jogging serta pacuan kuda. Terlebih lagi di akhir pekan, banyak warga Bantul dan sekitarnya yang melakukan berbagai olahraga disini. Area stadion yang luas membuat pengunjung merasa nyaman berolahraga disini.

5. Embung Tambakboyo

6 Rute Lari di Jogja, Menyenangkan dan Gak Bikin BosanEmbung Tambakboyo (ksmtour.com)

Embung Tambakboyo merupakan rute lari di Jogja yang berjarak hanya 1,5 km dari UPN, tidak heran jika area ini seringkali didatangi para mahasiswa UPN. Embung Tambakboyo sebenarnya adalah waduk, meski demikian tempat ini ramai dikunjungi sebagai area berolahraga di pagi maupun sore hari. 

Menariknya, untuk berkunjung ke Embung Tambakboyo, kamu tidak perlu membayar uang sepersen pun. Namun, jangan lupa siapkan uang untuk parkir kendaraan jika membawanya. 

Saat cuaca cerah, kamu dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi. Selain jogging, di sini kamu bisa bersepeda dan memancing.

6. Gedung Graha Sabha Pramana UGM

6 Rute Lari di Jogja, Menyenangkan dan Gak Bikin BosanGrha Sabha Pramana UGM (Google Maps/sheila adhita)

Jika dilihat dari namanya, sudah jelas Gedung Graha Sabha Pramana berada di kawasan UGM. Tempat ini seringkali dijadikan tempat Jogging bagi para mahasiswa dan masyarakat sekitar. Rute Jogging disini adalah berlari mengelilingi gedung dan lapangan di area Gedung Graha Sabha Pramana.

Tidak hanya sebagai tempat wisata saja, kawasan ini juga sering kali digunakan berbagai komunitas olahraga seperti bersepeda, sepak bola, parkour, serta pencak silat.

Nah, rute lari di Jogja tadi pasti bikin kamu lebih semangat untuk berolahraga. Yuk, siapkan sepatumu!

Baca Juga: 3 Kebun Binatang Mini di Sleman Berkonsep Ekowisata, Seru!

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya