Comscore Tracker

Tebing Breksi Gantikan Ratu Boko untuk Uji Coba Tempat Wisata

Sudah dapat izin dari Kemenparekraf

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman dalam waktu dekat akan melakukan uji coba pembukaan terhadap destinasi wisata Tebing Breksi. Uji coba Tebing Breksi ini menggantikan Candi Ratu Boko yang sebelumnya direncanakan akan dilakukan uji coba pembukaan dan telah mendapatkan izin dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Baca Juga: Kantongi Izin, Candi Ratu Boko Segera Diuji Coba Pembukaan

1. Ajukan permohonan pergantian

Tebing Breksi Gantikan Ratu Boko untuk Uji Coba Tempat WisataSpot foto paling ikonik di Candi Ratu Boko Yogyakarta. IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menjelaskan rencana uji coba pembukaan Tebing Breksi juga telah mendapatkan izin dari Kemenpankraf melalui surat edaran Nomor SE/8/IL.04.00 DII/2021. Di mana sebelumnya Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengajukan permohonan mengganti destinasi wisata yang akan diujicoba, dari Candi Ratu Boko menjadi Tebing Breksi.

"Ratu Boko dan Prambanan ini kan sama sama dikelola TWC dan basisnya BUMN. Apalagi Prambanan juga diizinkan buka. Kalau Tebing Breksi ini kan basisnya Bumdes dan Pemberdayaan masyarakat. Untuk itu kemarin Dispar DIY mengajukan permohonan itu," ungkapnya pada Senin (13/9/2021).

2. Bisa memberdayakan masyarakat

Tebing Breksi Gantikan Ratu Boko untuk Uji Coba Tempat WisataTebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Kustini, uji coba pembukaan Tebing Breksi dirasa sangat tepat, sebab destinasi wisata yang berada di wilayah Sleman Timur tersebut dikenal secara langsung oleh Bumdes dan bersifat pemberdayaan masyarakat. Selain itu, Tebing Breksi juga merupakan tempat promosi sejumlah olahan produk UMKM masyarakat. Serta memiliki komunitas mobil jeep yang sering dimanfaatkan pengunjung.

"Kalau di Tebing Breksi ini lebih kompleks. Pengelolanya masyarakat sekitar. Ada puluhan UMKM, komunitas jeep dan lainnya. Jadi efek uji coba ini akan bisa berdampak sangat luas," jelasnya.

3. Telah kantongi sertifikat CHSE

Tebing Breksi Gantikan Ratu Boko untuk Uji Coba Tempat WisataJeep Wisata Tebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Selain faktor di atas, Tebing Breksi juga telah mengantongi sertifikat CHSE dari Kemenparekraf sebagai salah satu syarat uji coba. Selain CHSE, pengelola wisata juga telah mendapatkan QR Code Peduli Lindungi dari Kementrian Kesehatan. Kustini menjelaskan, pembukaan Tebing Breksi ini akan dilakukan dalam waktu dekat, di mana Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman sedang merampungkan skenario uji coba.

"Dengan uji coba, diharapkan perekonomian masyarakat sekitar dapat kembali bergeliat," paparnya.

Baca Juga: Watu Lumbung Dinilai Tak Layak, Dispar DIY Ajukan Pinus Sari

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya