Comscore Tracker

Produksi Ikan Sleman di Bawah Target Mahasiswa UNY Buat Sahabatambak  

Mahasiswa UNY gunakan android untuk membantu petani ikan 

Sleman, IDN Times - Petani tambak ikan di Kabupaten Sleman masih mengalami beberapa kendala sistem monitoring suhu, pH (Power of Hydrogen), dan kadar oksigen (Dissolved Oxygen) di dalam air tambak. Padahal, monitoring mengenai hal tersebut sangat diperlukan dan berpengaruh terhadap kualitas dan hasil panen.

Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merancang inovasi Smart Pond Management System yang diberi nama Sahabatambak yang dapat melakukan memonitor kondisi tambak dan melaporkan hasil analisis melalui android.

Inovasi ini disusun oleh Muhlisun Nur Hidayah dan Rifky Ari Yunanto mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Informatika, Ardi Jati Nugroho Putro, Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Yuliari Suprihatin, Prodi Kimia dan Intan Diah Kusuma dari Prodi Pendidikan Teknik Boga 

1. Tampilkan analisis data dan solusi

Produksi Ikan Sleman di Bawah Target Mahasiswa UNY Buat Sahabatambak  Mahasiswa UNY ciptakan aplikasi Sahabatambak. Dok: Siti Umaiyah

Menurut Muhlisun Nur Hidayah, aplikasi sahabatambak memiliki dua instrumen, yaitu Kapal dan Aplikasi. Kapal berfungsi untuk mendapatkan data kondisi tambak. Sedangkan aplikasi berfungsi untuk menampilkan hasil analisis data dan menampilkan solusi dan informasi yang bermanfaat.

Sahabatambak ini akan mengolah dan menganalisis data yang didapat dari sensor pada kapal. Sensor tersebut adalah sensor DO, sensor suhu, sensor ultrasonic dan sensor pH. Data dari sensor tersebut dihubungkan dengan data besar (big data) yang berisi data-data dari literasi tentang suhu, kadar oksigen dan pH air serta cara penanganan yang tepat.

"Literasi dalam big data berasal dari jurnal ilmiah, buku-buku hasil penelitian, dan lain-lain. Big data akan terhubung langsung dengan aplikasi Sahabatambak dan akan memberikan informasi tentang cara penanganan yang tepat apabila suhu, kadar oksigen, dan pH air berada di bawah atau di atas batas normal," ungkapnya pada Minggu (18/10/2020).

Baca Juga: Mahasiswa UNY Ciptakan Batu Bata Tahan Gempa dari Ampas Tebu 

2. Gunakan android untuk memudahkan penggunaan

Produksi Ikan Sleman di Bawah Target Mahasiswa UNY Buat Sahabatambak  androidauthority.com

Sementara Rifky Sri Yunanto menjelaskan pembuatan desain aplikasi Sahabatambak terbagi menjadi dua yaitu desain interface berbasis website dan desain interface berbasis android. Pemilihan platform android karena banyak dipakai dan mudah digunakan terutama untuk mitra.

"Harapannya dengan diterapkan Sahabatambak, mitra dapat meningkatkan kualitas dan hasil panen ikan sehingga omzet mitra dapat lebih maksimal," paparnya.

3. Hasil budidaya ikan masih di bawah target

Produksi Ikan Sleman di Bawah Target Mahasiswa UNY Buat Sahabatambak  Ilustrasi budidaya ikan (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Kabupaten Sleman terdapat 637 kelompok pembudidaya ikan. Keterangan Kepala Bidang Perikanan DP3 Kabupaten Sleman Sri Purwaningsih pada tahun 2018, produksi budidaya perikanan konsumsi ditargetkan sebanyak 59.000 ton dan pada tahun 2019 target tersebut dinaikkan menjadi 62.000 ton.

Namun hingga saat ini hasil budidaya ikan di Kabupaten Sleman hanya bisa mencapai kurang dari 75% dari target yang telah ditetapkan.

Baca Juga: UNY Ajak Masyarakata Manfaatkan Baju Bekas untuk Tote Bag Multifungsi

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya