Comscore Tracker

Dishub Sleman Siagakan Puluhan Personel untuk Pantau Libur Nataru 

Awasi arus lalu lintas di tempat-tempat wisata

Sleman, IDN Times - Sebanyak 58 personel Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman telah disiagakan untuk mengamankan libur Natal dan Tahun Baru.

Plt Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Arip Pramana menjelaskan, para personel tersebut bertugas untuk melakukan pemantauan arus lalu lintas di posko dan juga mengecek tempat-tempat wisata.

"Ada yang di Posko Denggung. Ada yang cek tempat-tempat wisata," ungkapnya pada Jumat (25/12/2020).

Baca Juga: Dispar Sleman Monitoring Acak Penerapan SOP di Tempat Wisata

1. Arus lalu lintas masih lancar

Dishub Sleman Siagakan Puluhan Personel untuk Pantau Libur Nataru Arus kendaraan di sekitar Denggung. Dok: Dishub Sleman

Arip menerangkan, sejauh pemantauan yang dilakukan oleh Dishub Sleman arus lalu lintas masih terpantau lancar. Untuk kendaraan non logistik yang sebelumnya memang tidak diperkenankan beroperasi pada saat libur Nataru juga terpantau sepi.

"Pantauan sekitar Denggung lancar. Sesuai Edaran Kemenhub hanya kendaraan pembawa sembako yang diperbolehkan," terangnya.

2. Surat keterangan rapid diperiksa di penginapan

Dishub Sleman Siagakan Puluhan Personel untuk Pantau Libur Nataru Sejumlah warga antre untuk melakukan tes cepat Antigen COVID-19 di Balai Laboratorium Kesehatan Pengujian dan Kalibrasi Dikes NTB di Mataram, NTB, Selasa (22/12/2020) (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Saat ini, untuk bisa memasuki wilayah Sleman, bagi pengunjung dari luar daerah diwajibkan untuk membawa surat keterangan rapid test antigen. Berkaitan dengan pemeriksaan surat, akan dilakukan di penginapan ataupun wilayah tujuan.

"Pemeriksaan biasanya dilakukan di tempat penginapannya (hotel) atau di wilayah tujuannya (satgas dusun)," katanya.

3. Beberapa posko telah disiapkan

Dishub Sleman Siagakan Puluhan Personel untuk Pantau Libur Nataru Sejumlah kendaraan yang terparkir di kantor Dishub Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Arip mengatakan, untuk mengantisipasi adanya hambatan saat momen libur, beberapa posko telah disiapkan. Posko tersebut berada di wilayah Tempel, Gamping, Prambanan serta di Denggung. Beberapa unsur lain pun juga telah disiapkan.

"Kalau di kabupaten ada unsur kesehatan dan Satpol PP karena harus memastikan tidak ada hambatan samping di perjalanan ke arah teman-teman mudik," paparnya.

Baca Juga: 70 Persen Gereja Protestan di Sleman Tak Gelar Ibadah Natal Tatap Muka

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya