Comscore Tracker

Dihantam COVID-19, Jumlah Pengunjung Tebing Breksi Turun Drastis 

Wisatawan yang datang hanya diprediksi dari DIY 

Sleman, IDN Times - Momen libur Natal di saat pandemik COVID-19, membuat jumlah kunjungan di kawasan Tebing Breksi menurun drastis dibandingkan tahun lalu. Ketua Pengelola Tebing Breksi, Kholiq Widiyanto menerangkan jumlah kunjungan pada tahun ini tidak lebih dari 1.000 orang di hari Natal.

1. Tahun lalu kunjungan hingga 6 ribu orang per hari

Dihantam COVID-19, Jumlah Pengunjung Tebing Breksi Turun Drastis Tebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Kholiq, pada momen libur Natal tahun lalu, jumlah pengunjung di Tebing Breksi bisa mencapai 6 ribu orang per hari. Sedangkan pada tahun ini hanya ada 800 orang sehari. 

"Pas Natal malah sepi, maksudnya tidak sesuai prediksi kami hanya kurang lebih 800 pengunjung. Lebih banyak tanggal 26 Desember yaitu kurang lebih 1500 pengunjung," ungkapnya pada Senin (28/12/2020).

Baca Juga: Tiga Wisatawan Reaktif Saat Jalani Rapid Test di Tebing Breksi

2. Wisatawan didominasi dari DIY

Dihantam COVID-19, Jumlah Pengunjung Tebing Breksi Turun Drastis Tebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurunnya jumlah pengunjung, menurut Kholiq dikarenakan liburan saat terjadi pandemik COVID-19. Menurutnya, pengujung yang datang ke Tebing Breksi saat momen Natal pun hanya didominasi pengunjung lokal. "

"Ya efek dari pandemik ini. Masih DIY yang dominan," katanya.

3. Sebelumnya sudah siapkan penambahan personel

Dihantam COVID-19, Jumlah Pengunjung Tebing Breksi Turun Drastis Tebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Padahal sebelum masa libur Natal tiba, pengelola sudah menyiapkan langkah antisipasi jika pengunjung membeludak. Pengelola menambah puluhan personel yang ditempatkan di beberapa titik, mulai di bagian tiket, keamanan, serta petugas untuk mengingatkan protokol kesehatan.

Selain penambahan personel, Kholiq mengungkapkan arus lalu lintas telah diatur menjadi satu jalur. Hal ini dimaksudkan agar para pengunjung bisa menyebar di beberapa lokasi dan tidak hanya di satu titik.

Baca Juga: Jumlah Wisatawan di Malioboro Membeludak, Prokes Sulit Dilakukan 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya