Puluhan Warga Sekolah di Gunungkidul Positif COVID-19

PTM tetap berjalan meski kasus COVID-19 di sekolah naik

Gunungkidul, IDN Times - ‎Kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Gunungkidul pada Rabu (24/8/2022) mencapai 42 kasus, Dinas Kesehatan Gunungkidul menyebut kenaikan kasus harian COVID-19 di Bumi Handayani ini dari hasil skrining yang dilakukan di sekolah.

1. Sebanyak 20 warga sekolah terpapar COVID-19

Puluhan Warga Sekolah di Gunungkidul Positif COVID-19Seorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus corona. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan dari 42 kasus pasien positif COVID-19, sebanyak 20 kasus di antaranya merupakan hasil skrining dari warga sekolah.

"Jadi memang ada peningkatan kasus harian COVID-19 di Gunungkidul dari hasil skrining di sekolah," ujarnya, Rabu (24/8/2022).

2. Skrining sekolah dilaksanakan hingga 31 Agustus 2022

Puluhan Warga Sekolah di Gunungkidul Positif COVID-19Ilustrasi guru.(IDN Times/Daruwaskita)

Dari hasil skrining ke sekolah hari ini terdapat tambahan enam kasus baru, terdiri dari lima kasus dari skrining di sekolah dan satu kasus berasal dari riwayat suspek.

"Potensi kasus naik akibat skrining di sekolah," ucapnya.

Dewi menjelaskan skrining sekolah dilakukan dengan pengambilan sampel dari 10 persen sekolah di Gunungkidul. Setiap sekolah diambil sampel sebanyak 10 persen dari warga sekolah. 

"Kepada masyarakat untuk tetap mematuhi prokes guna memutus mata rantai penyebaran virus corona," ucapnya.

Baca Juga: 15 Pantai Gunungkidul untuk Liburan, Ada yang Hidden Gems

3. PTM tetap berjalan meski kasus COVID-19 di sekolah naik

Puluhan Warga Sekolah di Gunungkidul Positif COVID-19Ilustrasi guru mengajar.(IDN Times/Daruwaskita)

Sekretaris Dinas Pendidikan, Gunungkidul, Winarno mengatakan tidak ada penutupan sekolah meski ditemukan kasus COVID-19. "Tidak ada penutupan sekolah, sesuai instruksi Pemda DIY. Penutupan dilakukan kalau kasusnya sudah lebih dari 25 persen dari jumlah siswa maupun guru," ujarnya.

Baca Juga: 4 Kapanewon di Gunungkidul Kekeringan, 40 Tangki Air Disalurkan 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya