Akhir Oktober Tren Kunjungan Wisatawan ke Bantul Meningkat 

Pantai Parangtritis tetap menjadi favorit para wisatawan

Bantul, IDN Times - ‎Di akhir bulan Oktober, jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul mengalami kenaikan sebanyak 11 persen dibanding pekan sebelumnya. Jumlah ini mendongkrak penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten sebanyak Rp316 juta

1. Kunjungan wisatawan bulan ini terus naik

Akhir Oktober Tren Kunjungan Wisatawan ke Bantul Meningkat Pelepasan tukik di Pantai Samas.(Do.Polres Bantul)

Kasi Promosi dan Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan dua pekan lalu, kunjungan mencapai 29.405 wisatawan. Jumlah ini lebih sedikit dibanding pekan terakhir di bulan Oktober yang mencapai 32.654 orang.

"Ada peningkatan sekitar 11 persen kenaikan kunjungan wisatawan satu pekan lalu dibandingkan kunjungan sebelumnya ke Bumi Projatamansari," katanya, Senin (31/10/2022).

2. Kunjungan terbanyak ke Pantai Parangtritis

Akhir Oktober Tren Kunjungan Wisatawan ke Bantul Meningkat Kawasan Pantai Selatan Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Markus memaparkan di bulan Oktober ini jumlah wisatawan di Bantul paling tinggi tetap di Pantai Parangtritis. "Hampir 80 persen kunjungan wisatawan dengan tujuan Pantai Parangtritis," ucapnya.

Baca Juga: 5 Wisata Gua di Bantul, Simpan Cerita Historis yang Menarik

3. Kenaikan jumlah wisatawan ditentukan hari libur nasional

Akhir Oktober Tren Kunjungan Wisatawan ke Bantul Meningkat Warung seafood Pantai Depok (IDN Times/Daruwaskita)

Ipung yang merupakan panggilan akrab bagi Markus mengaku kenaikan jumlah wisatawan ditentukan adanya hari besar nasional. "Jika (jumlah wisatawan) sudah di atas 20 persen, dipastikan ada hari libur nasional ataupun atau ada event besar yang digelar di destinasi wisata di Bantul khususnya di pantai selatan."

Kunjungan wisatawan dipastikan akan naik menjelang libur Natal dan Tahun Baru seperti seperti yang terjadi di tahun sebelum pandemik berlangsung. "Tren kunjungan wisatawan ke Bantul memang seperti itu. Kalau libur panjang baik, sekolah, Lebaran hingga libur Natal dan Tahun Baru kunjungan juga melonjak," ungkapnya.‎

Baca Juga: 5 Wisata Alam Hits dan Eksotis di Bantul, Suasananya Mantul!

Baca Juga: Menteri PPPA Desak Kasus Atlet Gulat Bantul Gunakan UU TPKS

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya