Pemkot Yogyakarta Klaim Pedagang Jalan Perwakilan Siap Pindah    

Para pedagang mulai mengosongkan toko

Yogyakarta, IDN Times - Para pedagang di Jalan Perwakilan Yogyakarta menerima keputusan untuk mengosongkan toko di Jalan Perwakilan, selanjutnya pedagang akan pindah ke Pasar Klithikan, Pakuncen. Relokasi pedagang ini sebagai proses tahapan pembangunan Jogja Planning Gallery (JPG).

Berdasarkan pantauan IDN Times di lapangan pada Senin (16/1/2023), sejumlah pedagang mulai membersihkan tempatnya berjualan

1. Pedagang menerima tawaran relokasi

Pemkot Yogyakarta Klaim Pedagang Jalan Perwakilan Siap Pindah    Pedagang Jalan Perwakilan Jogja mulai mengosongkan toko, Senin (16/1/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sumadi menyebut para pedagang sudah menerima tawaran dari Pemkot Yogyakarta. "Kita sudah menawarkan, Alhamdulillah mereka mau untuk kita beri tempat alternatif di Kuncen (Pasar Klithikan)," kata Sumadi.

Para pedagang sudah berkomitmen untuk mengosongkan kiosnya mulai 14 Januari lalu. Dikatakan Sumadi, setelah pengosongan mandiri oleh para pedagang, pihak Pemda DIY akan meratakan lokasi. "Teman-teman PU Provinsi akan (melaksanakan jika) memang harus diratakan," ucap Sumadi.

2. Pedagang mulai melakukan pembersihan

Pemkot Yogyakarta Klaim Pedagang Jalan Perwakilan Siap Pindah    Pedagang Jalan Perwakilan Jogja mulai mengosongkan toko, Senin (16/1/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Salah satu pedagang, Rukamto menyebut para pedagang meminta waktu hingga Rabu (18/1/2023) untuk mengosongkan tempatnya. "Masih banyak barang yang perlu kita selesaikan. Sebagian sudah saya bawa, tapi belum selesai semua ini," ucap Rukamto.

Rukamto sendiri menyebut belum mengetahui kapan dia dan para pedagang lain mulai pindah ke Pasar Klithikan. "Saya belum berpikir itu, saya belum pernah survei sana juga," ujarnya.

Baca Juga: Sultan Sebut Pedagang di Jalan Perwakilan Jogja Ilegal

Baca Juga: Ini Rencana Pembangunan Jogja Planning Gallery di Malioboro

3. Rencana pembangunan di Jogja Planning Galery

Pemkot Yogyakarta Klaim Pedagang Jalan Perwakilan Siap Pindah    Pemenang sayembara pradesain Jogja Planning Gallery. (Dok. Pemda DIY)

Kepala Dinas Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIY, Anna Rina Herbranti mengungkapkan wilayah bekas pertokoan di Jalan Perwakilan akan menjadi bagian dari pembangunan proyek Jogja Planning Gallery (JPG). Selain kawasan pertokan, pembangunan dilakukan di Teras Malioboro 2, dan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY.

Anna menyebut rencana tahun 2023 ini adalah proses Detail Engineering Design (DED) JPG. "Di 2023 ini baru DEDnya. Lahannya yang digunakan TM (Teras Malioboro) 2 ya dan DPRD DIY, tentu pembangunan setelah TM 2 dan DPRD mendapat tempat yang lain," ujar Anna.

Baca Juga: 7 Kuliner di Teras Malioboro 1, Dimsum sampai Oseng Mercon

Baca Juga: 9 Hotel Dekat Tugu Jogja Cukup Jalan Kaki ke Malioboro dan Anti Macet 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya