Pemkab Sleman Ingatkan Pelaku Wisata Jangan 'Nuthuk' selama Nataru

Berbagai kesiapan juga dilakukan sambut Nataru

Sleman, IDN Times - Pemkab Sleman mengingatkan para pelaku wisata di Sleman agar tidak nuthuk harga selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Dikhawatirkan dengan nuthuk harga dapat mencoreng nama pariwisata Sleman.

"Jangan nuthuk harga retribusi, nuthuk harga kuliner. Mohon pengawasannya juga. Pariwisata menjadi citra sendiri bagi Sleman. Masyarakat jangan aji mumpung. Jangan mencoreng pariwisata," kata Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, saat konferensi pers di Obelix Village, Senin (19/12/2022).

1. Wisatawan lebih dari 250 ribu selama Nataru

Pemkab Sleman Ingatkan Pelaku Wisata Jangan 'Nuthuk' selama NataruSalah satu destinasi wisata di Sleman, Obelix Village. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Pada momen libur Nataru kali ini (24/12/2022–1/1/2023) diperkirakan kunjungan wisatawan ke Sleman pada kisaran 250 ribu–325 ribu. "Wisatawan tersebut tersebar mulai dari Kaliurang, Tebing Breksi, candi, rekreasi buatan, museum, desa wisata," ujar Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo.

Kustini menyebut berdasar harapan Presiden Joko Widodo untuk menarget wisatawan domestik. Diperkirakan juga wisatawan yang akan banyak berkunjung ke wilayah Sleman sendiri merupakan wisatawan domestik.

Baca Juga: Pemkab Sleman Gelar Pasar Murah, Cegah Lonjakan Harga Jelang Nataru

2. Jumlah wisatawan 2022 sudah melebih target

Pemkab Sleman Ingatkan Pelaku Wisata Jangan 'Nuthuk' selama NataruIlustrasi kunjungan wisatawan (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Selama 2022 sendiri target wisatawan di Sleman yaitu 6 juta wisatawan. Saat ini  wisatawan di wilayah Sleman sudah tercatat 6,4 juta wisatawan. "Angka tersebut belum termasuk angka wisatawan Nataru. Untuk retribusi ditetapkan target Rp3,9 miliar," kata Kustini.

Guna menyambut Nataru, di objek wisata juga telah disiagakan petugas, pengelola, pengamanan dan pemandu wisata untuk memberikan pelayanan kepada pengunjung. Ada Tourist Information Center (TIC) Kaliurang yang disiapkan peta, brosur/leaflet, banner, dan buku tamu.

3. Kesiapan destinasi jelang nataru

Pemkab Sleman Ingatkan Pelaku Wisata Jangan 'Nuthuk' selama NataruObjek wisata Kaliurang di Sleman. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Berbagai kesiapan destinasi lainnya, seperti kesiapan destinasi kawasan wisata Kaliurang, dilakukan kerja bakti 'Reresik Kaliurang Rejekine Padang' yang dilaksanakan
bersama pelaku wisata dan pelaku usaha. Disiapkan pula operasional jalur jip wisata Kaliurang Nawang Jagad–Gardu Pandang sepanjang 1.300 meter.

Selain itu, dipasang juga 18 seni instalasi bambu secara mandiri dalam rangka HUT Pemerintah Kalurahan Hargobinangun di kawasan Hargobinangun Pakem. Disiapkan juga operasional flying fox di kawasan bukit klangon sepanjang 50 meter yang beroperasi tiap hari libur dan libur nasional dengan tarif Rp25 ribu per orang).

"Operasional jip wisata 1.000 armada di lereng merapi dan 65 armada di tebing breksi," kata Kustini.

Baca Juga: Nawang Jagad Kaliurang: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya