Lonjakan Trafik Data Diperkirakan Terjadi di Jogja dan Jawa Tengah

Lonjakan trafik diperkiran terjadi di 3 kota besar

Yogyakarta, IDN Times - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik data pada momen libur Tahun Baru Imlek dan Cap Gomeh di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. Lonjakan trafik data diperkirakan lebih dari 3 persen dibanding hari normal.

XL Axiata juga memastikan jaringan di Jawa Tengah dan DIY siap menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan tersebut. Tiga kota besar diperkirakan akan menjadi lokasi yang paling banyak menyumbang peningkatan trafik ini.

1. Lonjakan trafik diperkiran terjadi di 3 kota besar

Lonjakan Trafik Data Diperkirakan Terjadi di Jogja dan Jawa TengahKesiapan XL Axiata. (Istimewa/XL Axiata).

Peningkatan trafik ini diprediksi akan terjadi di beberapa kota yang menjadi konsentrasi perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh terbesar, yaitu wilayah Semarang, Solo, dan Yogyakarta. “Tahun lalu saat masih ada pandemik saja trafik ada kenaikan. Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, terutama di Semarang, selalu mendapatkan sambutan meriah dari masyarakat Tionghoa. Ribuan orang merayakan kedua hari besar tersebut. Untuk itulah kami akan menyiapkan jaringan yang memadai,” kata Pj Group Head XL Axiata untuk area Central Region, Arif Farhan Budiyanto, Jumat (20/1/2023).

Menurut Arif, meski kenaikan trafik tidak akan sebesar Lebaran atau Nataru, XL Axiata tetap menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar. Peningkatan trafik akan lebih banyak terjadi di layanan data, sementara potensi kenaikan trafik layanan percakapan (voice) tidak terlalu besar. Layanan streaming pun secara umum diprediksi mengalami peningkatan trafik. Selain itu, layanan seperti video call, web browsing, dan Instant Messaging (IM) akan turut mengalami peningkatan karena biasanya di momen ini akan banyak yang menyampaikan ucapan selamat.

2. Perhatian khusus pada pusat keramaian

Lonjakan Trafik Data Diperkirakan Terjadi di Jogja dan Jawa TengahIlustrasi Tugu Pal Putih Yogyakarta (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Selama perayaan Imlek nanti, XL Axiata akan memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di sejumlah kawasan pemukiman, pusat-pusat keramaian. Antara lain pusat perbelanjaan, terminal dan juga bandara. XL Axiata juga menyiapkan 13-unit mobile BTS (MBTS) untuk memastikan performa jaringan di sejumlah lokasi.

Baca Juga: Agenda Momen Imlek di Plaza Malioboro, Ada Bagi-Bagi Angpao!

Baca Juga: 9 Promo Dinner Hotel di Jogja saat Imlek 2023, Harga Mulai Rp75 Ribu

3. Kesiapan XL Axiata

Lonjakan Trafik Data Diperkirakan Terjadi di Jogja dan Jawa TengahIlustrasi aplikasi XL Axiata (dok. XL Axiata)

Jaringan data berkualitas XL Axiata di Jawa Tengah dan DIY ditopang oleh lebih dari 16 ribu BTS, termasuk lebih dari 10 ribu BTS 4G. Untuk mengantisipasi kenaikan trafik perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan yang lebih besar dari hari normal. Layanan data XL Axiata di Semarang Raya ditopang oleh lebih dari 1.900 BTS 4G, sedangkan di Solo Raya lebih dari 2.200 BTS 4G, dan DIY lebih dari 1.700 BTS 4G.

Baca Juga: Resep Jian Dui, Onde-onde Tiongkok yang Wajib Disajikan saat Imlek

Baca Juga: 9 Restoran Chinese Food di Jogja, Cocok untuk Rayakan Imlek

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya