Comscore Tracker

2 Hari Berturut-turut Tambahan Kasus COVID di DIY Buat Rekor Baru  

Kasus sembuh COVID di DIY mencapai 67 persen

Kota Yogyakarta, IDN Times - Dua hari berturut-turut jumlah penambahan kasus COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menunjukkan angka tertinggi. Data dari Penanganan COVID-19 Pemda DIY lonjakan kasus positif hari ini mencapai 296. Sehingga jumlah kasus positif di DIY hingga hari ini 11.898 kasus. 

Juru bicara Penanganan COVID-19 Pemda DIY, Berty Murtiningsih melalui keterangan tertulisnya menyatakan Kabupaten Bantul penyumbang tertinggi lonjakan kasus hari ini.  

1. Kasus baru terbanyak dari Kabupaten Bantul

2 Hari Berturut-turut Tambahan Kasus COVID di DIY Buat Rekor Baru  Ilustrasi seorang pasien COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica

Berbeda dari hari sebelumnya, Selasa ( 29/12/2020) yang menunjukkan kasus di Sleman paling banyak, berdasarkan data dari Penanganan COVID-19 Pemda DIY untuk hari ini Kabupaten Bantul penyumbang terbanyak 113 kasus baru. Diikuti Kabupaten Sleman sebanyak 64 kasus, Kota Yogyakarta bertambah 75 kasus, Kulon Progo bertambah 27 kasus dan Kabupaten Gunungkidul sebanyak 17 kasus. 

Berdasarkan riwayat pasien terbanyak dari hasil tracing kontak kasus positif sbanyak 157 kasus, periksa mandiri bertambah 82 kasus, perjalanan luar daerah 2 kasus, dan 55 kasus baru namun belum ada info asal kasus ini. 

Baca Juga: BOR COVID-19 di DIY Capai 80 Persen: Bed Nambah, Nakesnya yang Kurang

2. Jumlah pasien sembuh mencapai 338 orang

2 Hari Berturut-turut Tambahan Kasus COVID di DIY Buat Rekor Baru  Seorang tenaga kesehatan memakai alat pelindung diri (APD) berbincang dengan pasien positif COVID-19, di ruang karantina Adenium Rumah Sakit Mitra Siaga, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (10/10/2020). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Selain jumlah positif yang mencatat rekor baru, jumlah kasus sembuh tercatat sebanyak 338 orang. Sehingga total kasus sembuh menjadi 8.056 orang atau kasus sembuh COVID di DIY sebanyak 67 persen.  

Distribusi berdasarkan domisili jumlah orang yang telah sembuh dari COVID, terbanyak dari Kabupaten Sleman 176 orang. Kota Yogyakarta bertambah 63, Kabupaten Bantul sebanyak 78, Kabupaten Kulon Progo 14 orang, dan Kabupaten Gunungkidul bertambah 7 orang. 

3. Jumlah tempat tidur rumah sakit

2 Hari Berturut-turut Tambahan Kasus COVID di DIY Buat Rekor Baru  Ilustrasi rumah sakit (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketersediaan jumlah tempat tidur di rumah sakit untuk pasien kritis per 30 Desember 2020, hanya tinggal 18 tempat dari 64 yang tersedia. Sedangkan bagi pasien non-kritis dari 577 yang tersedia hanya tersisa 70 tempat tidur. 

Baca Juga: Hasil Tracing Tumpang Tindih, Dinkes Sleman Sulit Identifikasi Klaster

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya