Vakum 2 Tahun, Bantul Creative Expo Digelar Mulai 21 Juli 2022  

Ada ratusan produk UMKM, kuliner hingga pakaian bekas

Bantul, IDN Times - ‎Sempat vakum selama dua tahun akibat pandemik, kegiatan tahunan Bantul Creative Expo yang dahulu bernama Bantul Expo akan digelar mulai tanggal 21-25 Juli 2022.‎

Bantul Creative Expo yang tahun 2022 mengambil tema "Bantul Creative Expo Road to Bantul City of Craft and Folk Art ini diharapkan mampu memajukan produk UMKM untuk menembus pasar di tingkat nasional dan Internasional.

Setelah kegiatan Bantul Creative Expo selesai dilanjutkan dengan kegiatan yang lebih fokus pada peningkatan promosi dan transaksi UMKM menuju Bantul City of Crafts and Folk Art dari 26 Juli sampai 21 Agustus. 

1. Pemkab undang buyer dari luar negeri

Vakum 2 Tahun, Bantul Creative Expo Digelar Mulai 21 Juli 2022  Kepala Dinas Koperasi Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UMK), Perindustrian dan Perdagangan, Bantul, Agus Sulistiyana(kanan).(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Dinas Koperasi Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UMK), Perindustrian dan Perdagangan, Bantul, Agus Sulistiyana mengatakan dalam Bantul Crative Expo 2022, terdapat 120 stand yang akan diisi oleh perwakilan organisasi perangkat daerah hingga pelaku UMKM Bantul yang memiliki produk potensial untuk dijual ke luar negeri.

"Kita kan memiliki banyak UMKM yang produknya sudah laku ekspor, produk-produk itu nanti akan kita tampilkan di Bantul Creative Expo agar semakin dikenal luas masyarakat. Buyer-buyer dari luar negeri juga akan kita undang untuk melihat produk UMKM dari masyarakat Bantul," ujarnya, Kamis (30/6/2022).

2. Bantul Creative Expo untuk ajang promosi produk UMKM‎

Vakum 2 Tahun, Bantul Creative Expo Digelar Mulai 21 Juli 2022  Ilustrasi pelaku UMKM.(doc.istimewa)

Acara tersebut, kata Agus, tidak mempunyai target pendapatan namun mengutamakan promosi produk unggulan UMKM di Bantul dan menyajikan kesenian serta budaya Bumi Projotamansari.

"Kita yang utama tujuannya adalah promosi produk UMKM dan seni budaya yang ada di Bantul. Dengan promosi produk UMKM, seni dan budaya unggulan dari Bantul diharapkan target Bantul City of Craft and Folk Art 2023 dapat tercapai," tandasnya.

Baca Juga: Pantai Baru Bantul: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

Baca Juga: Agrowisata Jeruk Bantul Mulai Dilirik, Ajak Wisatawan Petik di Kebun  

3. Ada stand yang jualan baju bekas bermerek

Vakum 2 Tahun, Bantul Creative Expo Digelar Mulai 21 Juli 2022  Ilustrasi pakaian bekas.Unsplash.com/Lauren Fleischmann

Panitia Bantul Creative Expo 2022, Amin mengatakan 120 stand diundang khusus oleh Pemkab Bantul, sementara 280 stand atau tenant lainnya di kawasan Pasar Seni Gabusan diisia produk dari UMKM, kuliner hingga stand yang menjual pakaian bekas bermerek.

"Untuk menarik minat masyarakat mengunjungi Bantul Creative Expo 2022 juga akan digelar pentas seni dan budaya hingga wahana permainan anak. Wahana permainan anak ini sengaja kita adakan salah satunya untuk mendongkrak kunjungan warga ke Bantul Kreative Expo," ujar Amin.

"Untuk pedagang kecil, seperti pedagang bakso, mi ayam hingga pedagang asongan tidak ditarik biaya untuk berjualan namun mereka harus mendaftar dahulu kepada panitia, hanya ditarik biaya kebersihan saja. Kita jamin tidak akan ada pungli," tandasnya.‎

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya